Mother&Baby Indonesia
Tips Pulihkan Stamina saat Bekerja

Tips Pulihkan Stamina saat Bekerja

Sebagai ibu bekerja, tentu meluangkan waktu untuk diri sendiri akan semakin sulit. Setelah seharian lelah bekerja di kantor, tiba di rumah Anda masih harus mengurus Si Kecil dan mengerjakan laporan yang belum terselesaikan di kantor, bahkan hingga dini hari.

 

Rutinitas ini tentu akan menjadi waktu terberat Anda. Kondisi yang lelah juga akan menurunkan daya tahan tubuh Anda. Karenanya, Anda pun perlu menjaga kondisi fisik dan mengatur diri melalui 7 tips cerdas berikut untuk memulihkan stamina, sehingga tetap dapat beraktivitas dengan optimal.



 

1.  Pilih makanan yang menyimpan energi
Sarapan yang tepat sangat penting bagi produktivitas harian Anda. Cobalah sarapan dengan orek telur dan roti gandum, yang menawarkan energi tahan lama, karena karbohidrat dalam gandum dilepaskan secara perlahan-lahan. Saat makan siang, komsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan sayuran kaya serat, seperti salad.

 

2.  Stretching
Setelah bangun tidur dan sebelum meninggalkan rumah, sempatkan melakukan beberapa gerakan stretching ringan untuk melepaskan ketegangan otot.

 

3.  Atur jadwal minum kopi
Penelitian di AS telah mengungkapkan bagaimana kafein dapat memengaruhi hormon kortisol manusia. Hormon ini akan mencapai puncaknya setiap jam 8 dan 9 pagi. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengonsumsi kafein di waktu tersebut, karena minum kopi ketika level kortisol sedang tinggi-tingginya bisa membuat tubuh kecanduan, sehingga keinginan tubuh akan kafein meningkat dari hari ke hari. Jadi, minuman berkafein akan lebih baik jika dikonsumsi setelah pukul 9 pagi untuk menjaga produksi hormon kortisol tetap stabil.

 



4.  Dahulukan tugas-tugas sulit
Jika Anda menyadari akan keadaan fisik Anda yang sedang kurang optimal dan curiga akan jatuh sakit di kemudian hari, dahulukan mengerjakan tugas-tugas sulit Anda di awal hari. Penelitian terbaru menemukan sebuah fakta bahwa para karyawan memiliki waktu yang paling produktif pada hari Senin mulai jam 10 pagi. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya waktu tidur Anda di Minggu malam, agar stamina lebih terjaga dengan baik.

 

5.  Camilan tepat
Ketika energi Anda mulai menurun saat tengah hari, cobalah konsumsi camilan yang tepat, seperti yoghurt dan kacang. Makanan tersebut menawarkan energi yang padat dan protein yang tinggi, sehingga dapat memulihkan stamina Anda kembali. Jika energi Anda mulai menurun setelah makan siang, coba juga buah yang kaya antioksidan atau beberapa batang dark chocolate.

 

6.  Makan siang di luar
Sebuah studi di AS juga mengungkapkan, meluangkan waktu setidaknya 10 menit dengan berjalan kaki untuk sekadar membeli makan siang di luar kantor dapat meningkatkan energi dan suasana hati. Selain itu, Anda juga dapat menghirup udara segar kembali.

 

7.  Refreshing
Sempatkan untuk membasuh pergelangan tangan Anda dengan air dingin, sehingga membantu melancarkan peredaran darah. Cara lain, duduklah dengan tegak di kursi Anda, dan putar kepala untuk meredakan ketegangan otot. Gelengkan kepala ke kiri dan kanan, serta ke depan dan belakang, seperti gerakan stretching. (Aulia/DMO/Dok.M&B)



Tags: tips pulihkan stamina saat bekerja,   tips stamina bekerja,   stretching,   refreshing,   stamina fisik,   camilan








Related Article