Mother&Baby Indonesia
Manfaat Menulis Surat untuk Keluarga

Manfaat Menulis Surat untuk Keluarga

Kapan terakhir kali Anda menulis surat? Mungkin sudah lama sekali, sampai-sampai Anda lupa kapan persisnya dan ditujukan kepada siapa surat tersebut. Seiring perkembangan teknologi, surat memang mulai ditinggalkan serta dilupakan oleh semua orang. Padahal menulis sepucuk surat untuk seseorang, terutama untuk keluarga, memiliki banyak manfaat untuk Anda.

 

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., menjelaskan ada beberapa manfaat menulis surat untuk keluarga. Salah satunya, kegiatan ini menjadi awal untuk memperlancar komunikasi di dalam sebuah keluarga serta menambah jalinan kedekatan antar anggota keluarga. “Mungkin memang komunikasi tatap muka jauh lebih baik, tetapi surat bisa menjadi salah satu media untuk mengungkapkan perasaan yang sulit terucap saat berhadapan dengan mereka,” ungkap Anna dalam acara bertema “Awali Kebersamaan Berkualitas dengan Surat” yang diadakan oleh Sariwangi di Jakarta, Rabu (19/03).



 



Selain itu, menulis surat ternyata juga mampu menyehatkan tubuh Anda. Menurut Anna, sebuah studi menunjukkan bahwa beberapa orang yang diminta menulis surat untuk anggota keluarganya ternyata setelah diperiksa mengalami perbaikan respons terhadap stres, tekanan darah dan detak jantungnya menjadi lebih normal, serta tingkat kolesterolnya menurun. Jadi, dengan menyalurkan perasaan Anda ke dalam bentuk tulisan, semua emosi yang terpendam menjadi keluar dan Anda merasa lebih rileks. Yuk, tulis surat untuk pasangan dan anak-anak Anda, Moms! (Sagar/DMO/Dok.  M&B)



Tags: manfaat menulis surat untuk keluarga,   menulis surat,   keluarga,   surat,   ibu,   anak,   suami