Mother&Baby Indonesia
Fakta Serangan Jantung dan Stroke

Fakta Serangan Jantung dan Stroke

Pernahkah Anda mengalami serangan jantung? Fakta terbaru mengungkapkan, kebanyakan orang umumnya mengalami serangan jantung, bahkan stroke di pagi hari. Hal ini disebabkan tingkat protein melambat untuk memecahkan pembekuan di dalam darah, yang puncaknya terjadi pada pukul 06.30 pagi.

 

Tim peneliti AS melaporkan studi ini dengan mempelajari level protein di dalam tubuh 12 orang dewasa yang sehat selama 2 minggu. Para sukarelawan tersebut diteliti selama mereka melakukan rutinitas harian mereka, namun tidak sesuai dengan jam biologis tubuhnya. Tujuannya untuk mengetahui apakah masalah ini terjadi karena jam biologis tubuh atau aktivitas seseorang, yang menyebabkan tingkat protein berfluktuasi.



 

Dilansir melalui Dailymail UK, dari data yang dipublikasikan dalam jurnal Blood,  protein penghambat pemecahan pembekuan darah, PAI-1, yang berkontribusi besar memicu serangan jantung atau stroke, memuncak pada waktu tersebut. Sang Ketua Peneliti, Dr. Frank Scheer, mengatakan, “Penemuan ini menjelaskan bahwa sistem jam biologis tubuh dapat berkontribusi meningkatkan risiko serangan jantung di pagi hari.”



 

Mengingat penelitian ini dilakukan pada orang-orang yang sehat, mereka pun akan melakukan lagi penelitian yang sama kepada orang-orang yang lebih besar berisiko mengalami serangan jantung dan stroke, seperti pengidap obesitas, diabetes, dan serangan jantung di waktu yang akan datang. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: fakta serangan jantung dan stroke,   serangan jantung,   stroke,   jam biologis tubuh,   fakta