Mother&Baby Indonesia
Fungsi Probiotik bagi Tubuh

Fungsi Probiotik bagi Tubuh

Tidak semua mikroba itu menyebabkan penyakit, lho! Ada mikroba 'baik' yang justru menguntungkan kesehatan tubuh. Ya, mikroba memang dapat memengaruhi kesehatan dan sistem imun seseorang. Asupan yang dikonsumsi juga memengaruhi kadar mikroba di dalam tubuh. Salah satu mikroba yang terdapat dalam tubuh adalah jenis probiotik.

 

Probiotik adalah mikroba hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang mencukupi akan memberikan dampak positif bagi kesehatan manusia. Keberadaan probiotik atau bakteri 'baik' yang hidup dalam saluran cerna memberi keuntungan bagi kesehatan anak, karena berperan penting dalam sistem pertahanan saluran cerna.



 

“Dalam memperhatikan gizi, para ibu jangan hanya fokus pada kandungan AA, DHA, dan minyak ikan saja. Mereka juga perlu mencari kandungan probiotik, seperti Lactobacillus paracasei dan Bitidobacterium longum,” ungkap Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, ahli gizi medik dari FKUI.

 



Dokter Saptawati menambahkan, selain menjaga sistem imun tubuh, probiotik juga bertugas menggugurkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kadar probiotik dalam tubuh, dengan mendukung asupan dan lingkungan yang baik untuk Anda dan Si Kecil. (Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)

 

BACA JUGA: Pentingnya Sumber Prebiotik



Tags: fungsi probiotik bagi tubuh,   prebiotik,   probiotik,   bakteri baik,   mikroba,   kesehatan,   saluran cerna