Mother&Baby Indonesia
Ayah Dukung Ibu Menyusui

Ayah Dukung Ibu Menyusui

Semakin banyaknya kampanye dan sosialisasi tentang menyusui cukup membuktikan betapa pentingnya ASI bagi kehidupan seorang anak. Bahkan, kampanye ini tidak hanya dilakukan oleh para ibu saja, para ayah pun mulai tak mau kalah ikut mensosialisasikan tentang pentingnya menyusui.

 

Tidak hanya di Indonesia yang dipelopori oleh gerakan #AyahASI, sebuah kampanye menyusui di AS baru-baru ini pun cukup menarik perhatian. Sekelompok ayah di negara setempat, berinisiatif mempromosikan sebuah kampanye Project Breastfeeding, yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya ASI. Dalam kampanye ini, mereka menggunakan slogan, “If I Could, I Would”



 

“Ketika melihat pasangan menyusui Si Kecil, kami pikir itu bukan urusan kita, sehingga kita berpikir bahwa itu bukan tugas kita. Namun, itu sangat tidak benar. Seorang ayah cukup berperan dalam kegiatan menyusui antara ibu dan bayi. Jika Sang Ayah tidak mendukungnya, mungkin saja Sang Ibu akan menyerah. Kita perlu mengetahui bahwa menyusui bukanlah hal yang mudah,” ungkap penggagas kampanye ini, Hector Cruz, seperti dilansir dari sumber M&B UK.

 

Hector menambahkan, dalam kampanye ini, ia ingin para suami ikut berkontribusi mendukung istri mereka dalam kegiatan menyusui. Menurutnya, peran ayah semakin menurun dalam 50 tahun terakhir.

 



Hector bertekad menjalankan proyek ini setelah ia melihat Sang Istri, Nicole, berjuang untuk menyusui putri mereka. Sebagai seorang ayah baru, Hector berusaha untuk menemukan informasi tentang bagaimana ia bisa membantu istrinya ketika menyusui. "Istri saya sering kali menangis sampai tertidur di malam hari, dan aku tidak tahu apa yang harus dilakukan," ungkapnya.

 

Hector meluncurkan Project Breastfeeding dengan bantuan beberapa ayah yang bersedia ikut serta dan bersama-sama membantu menyadarkan para ayah lain bahwa menyusui secara eksklusif sangatlah penting, dan bukan sesuatu hal yang pantas ditentang atau tabu dilakukan. Hector dan rekannya juga merilis video dan menulis ulang buku tentang ASI, yang berisi manfaat, tantangan, serta keberhasilan menyusui. 

 

Hal tersebut semakin memperlihatkan bahwa kaum pria pun sudah mulai menyadari pentingnya mendukung program menyusui pasangan mereka demi tumbuh-kembang Sang Buah Hati.  Bagaimana dengan Anda, Dads? (Aulia/DMO/Dok. M&B UK)



Tags: dukungan,   ayah,   menyusui,   pria,   asi,   ibu,   bayi








Cover Januari - Februari 2020