Mother&Baby Indonesia
Anak Perlu Bermain di Luar Ruangan

Anak Perlu Bermain di Luar Ruangan

Tahukah Anda bahwa anak-anak perlu melakukan kegiatan fisik setiap hari? Ya, The National Association for Sport and Physical Education merekomendasikan agar anak-anak, terutama usia pra-sekolah, terlibat dalam kegiatan fisik yang tidak terstruktur di luar ruangan setidaknya 60 menit hingga beberapa jam setiap hari.

 



Nah, untuk menerapkan kegiatan yang satu ini, Anda dapat mengajak Si Kecil untuk bermain di luar ruangan. Menurut pemerhati anak Dra. Mayke S. Tedjasaputra, M.Si pada acara peluncuran kampanye Rinso Kids Today Project, beberapa waktu lalu di SD Negeri Menteng 01, Jakarta, anak-anak perlu melakukan latihan fisik, tubuh mereka perlu bergerak setelah sekian jam duduk diam di dalam kelas. “Bermain di luar ruangan berarti memberi kesempatan agar tubuh aktif bergerak lagi, sehingga tubuh menjadi sehat. Gerakan tubuh ini lebih fleksibel sebagai modal dasar keterampilan berolahraga,” papar Mayke.



 


Bukan itu saja, bermain di luar ruangan, juga dapat mengajarkan Si Kecil keterampilan sosial. “Permainan di luar ruangan umumnya melibatkan lebih dari 1 anak. Dengan begitu, kesempatan anak untuk bersosialisasi semakin terbuka. Mereka bisa belajar cara pertemanan, seperti bagaimana cara mendapatkan pengakuan dari teman,” jelas Mayke. Semua keterampilan sosial yang didapat Si Kecil dari bermain di luar ruangan tentunya akan berguna di masa dewasanya kelak ketika ia harus bekerja, berorganisasi, dan berkeluarga. (Karina/DMO/Dok. M&B)



Tags: anak perlu bermain di luar ruangan,   bermain,   outdoor,   exercise,   bermain di luar ruangan,   bermain out