Mother&Baby Indonesia
Bila Anak Takut Serangga

Bila Anak Takut Serangga

Si Kecil selalu berteriak dan menangis saat melihat serangga? Ya, Anda pasti ingin menghilangkan sifat tersebut dan membuatnya menjadi anak pemberani. Patricia Henderson, pendiri pusat perkembangan anak di New York, AS, menyarankan agar para orangtua tidak menghilangkan ketakutan tersebut dengan cara memaksa anak melihat atau menyentuh serangga secara langsung, karena akan menimbulkan trauma yang berkepanjangan. "Anak masih terlalu kecil untuk dipaksa melakukan hal itu. Ketakutan terhadap banyak hal  merupakan fase yang normal terjadi pada anak-anak," paparnya.

 

Dilansir melalui Babycenter, semakin anak tumbuh besar, ketakutannya akan hilang dengan sendirinya. Mengingat rasa penasarannya pada semua hal terus berkembang, ia justru akan merasa tertarik melihat bentuk serangga. Bahkan, ada anak usia 2 tahun yang selalu berteriak melihat serangga, tetapi di usia 4 tahun malah hobi mengoleksi serangga.



 



Ajarkan pada anak untuk mendengarkan suara alam, karena hal ini akan menjadi salah satu cara membuat anak tidak takut pada serangga dan binatang kecil lainnya. Namun, Anda perlu bersabar mengajarkannya. Sebagai orangtua, Anda harus mengenal ketakutan-ketakutan Si Kecil dan membantu mengatasinya dengan cara yang halus. Jadi untuk sementara waktu, jika ada serangga yang terbang di dalam ruangan dan membuatnya takut, buka jendela dan bantu ia mengusir serangga tersebut atau ajak ia pindah ke ruangan yang lain. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: bila anak takut serangga,   serangga,   anak,   anak takut serangga