Mother&Baby Indonesia
Agar Anak Menikmati Pesta Ulang Tahun

Agar Anak Menikmati Pesta Ulang Tahun

Apakah Si Kecil sering terlihat tidak nyaman saat berada di pesta ulang tahun temannya? Ya, bisa jadi ia merasa terintimidasi dengan suara berisik dan keriuhan acaranya. Mengomentari tingkahnya yang tidak ikut serta dalam kemeriahan pesta hanya akan membuat perasaannya semakin buruk. Membandingkannya dengan anak-anak lain yang tampak menikmati suasana pesta pun tidak akan membantunya. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua untuk mengatasinya, namun cobalah mengerti perasaan Si Kecil dan tidak membuatnya menjadi seseorang yang bukan dirinya dengan cara memaksakan Si Kecil berbaur bersama anak-anak yang lain.

 

Jika Si Kecil terlihat menikmati pesta hanya dari kejauhan saja, tidak apa-apa. Penting baginya untuk belajar mengatasi situasi sosial sendiri. Dilansir dari Babycenter, memasuki usia 2 tahun, anak akan mulai belajar bagaimana mengatasi situasi yang beragam. Bila ia merasa suasana tidak nyaman bagi dirinya, biarkan ia 'bersembunyi'. Memberikan kesempatan pada Si Kecil untuk mengenali batas-batas dirinya sendiri akan membantunya tumbuh secara sosial maupun emosional.



 



Psikolog Marilyn Segal, Ph.D asal Florida, Amerika Serikat, menyarankan bila Si Kecil menerima undangan pesta ulang tahun, Anda bisa melatih Si Kecil di rumah sebelum hari perayaan. Bemainlah dengan Si Kecil seolah Anda sedang merayakan pesta dengan mainan-mainannya. Beri tahu kepadanya bahwa salah satu dari mainan tersebut pemalu dan tidak mau berbaur dengan yang lainnya. Kemudian, minta ia menenangkan dan membantu mainan tersebut supaya jadi tidak pemalu lagi. Lihat bagaimana cara ia melakukannya, sehingga saat di pesta Anda dapat melakukan metode yang sama dengan yang ia lakukan terhadap mainannya. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: agar anak menikmati pesta ulang tahun,   anak,   ulang tahun,   ibu,   anak 2 tahun,   anak pemalu,   hut










Cover April 2020