Mother&Baby Indonesia
Tips Agar Anak Aman di Jalan

Tips Agar Anak Aman di Jalan

Salah satu kewajiban yang harus Anda ajarkan kepada anak, selain cara menyikat gigi serta rajin makan sayur dan buah, yaitu menjaga keselamatan diri saat berada di jalan. Lakukan hal ini saat Anda sudah mulai mengajaknya berjalan-jalan di sekitar rumah atau saat mengajaknya berbelanja bersama Anda. Tidak perlu menunggu sampai ia sudah bisa berjalan sendiri, sebab walaupun ia masih berada di kereta bayi, Anda bisa mengatakan kepadanya hal-hal yang simpel, seperti saat mobil datang, ia harus menunggu sebentar sebelum menyeberang.

 

Anak-anak belum memiliki keahlian menyeberang sendiri sampai mereka berusia 10 tahun. Sejumlah organisasi yang menangani masalah keamanan menyarankan, Anda harus selalu memegang tangan anak saat di jalan sampai usianya mencapai 8 tahun. Tingkah laku Anda saat berada di jalan pun akan memengaruhinya kelak ketika ia sudah bisa menyeberang sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya ikuti semua peraturan yang ada supaya ia terbiasa melihatnya.



 

Dilansir M&B Australia, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar Anda dan Si Kecil selalu aman saat di jalan.

 

1.  Ajak Si Kecil keluar
Berjalan kaki bersama Si Kecil adalah hal terbaik untuk mengajarinya apa saja yang perlu diperhatikan saat berada di jalan. Anda mungkin mengerti apa saja yang harus dilakukan, tetapi tidak dengan Si Kecil. Jadi, selalu beri tahu kepadanya kapan saat yang tepat untuk turun dari trotoar dan menyeberang atau peraturan-peraturan lainnya. Meski ia masih bertahun-tahun lagi melakukannya sendiri, tetapi dengan memberi tahu apa saja yang Anda lakukan akan terekam di dalam otaknya. Jangan lupa berikan pujian pada Si Kecil bila ia mengingat apa yang Anda ajarkan dan menerapkannya.



 

2.  Menyeberangi jalan
Selalu ajarkan kepada anak untuk menggenggam tangan Anda saat sedang menyeberangi jalan. Selain itu, terapkan peraturan untuk menyeberang di tempat yang aman, misalnya melewati jembatan penyeberangan atau melewati area yang sudah disediakan untuk pejalan kaki menyeberang. Jangan menyeberang di sembarang area, sebab tidak hanya berbahaya bagi keselamatan Anda dan Si Kecil, namun juga memberikan contoh yang buruk kepadanya.

 

3.  Saat ada mobil
Anda perlu mengingatkan kepada Si Kecil untuk berpegangan pada Anda bila ada mobil yang sedang mendekat atau lewat, meskipun ia sedang berada di dalam halaman rumah. Sebab faktanya, sebanyak 1 dari 10 anak tanpa sengaja tertabrak mobil keluarganya sendiri, karena keberadaan mereka tidak terlihat dari kaca spion. Ketika di dalam mobil atau bus, Anda pun perlu mengajarkan kepadanya agar ia keluar dari area pintu yang paling aman. (Sagar/DMO/Dok.  M&B)



Tags: tips agar anak aman di jalan,   berlalu lintas,   anak aman di jalan,   anak,   mobil,   bus










Cover Mei-Juni-Juli 2020