Mother&Baby Indonesia
Saatnya Tinggalkan Ranjang Bayi

Saatnya Tinggalkan Ranjang Bayi

Meski tidak ada toluk ukur usia, kapan anak tidak perlu lagi tidur di ranjang bayi dan pindah ke tempat tidur layaknya orangtua mereka, namun umumnya, Anda bisa memindahkan Si Kecil saat ia sudah berusia antara 1,5-3 tahun, seperti dilansir melalui Mother & Baby Australia.

 

“Beberapa anak merasa ranjang bayi terlalu sempit untuk mereka bergerak, sementara bagi anak yang keahlian motorik kasarnya sudah berkembang, akan terus berusaha memanjat ranjang bayinya sehingga dapat membahayakan keselamatannya,” ungkap Sharon Donaldson, perawat kesehatan anak dan keluarga di Australia.



 



Bagi Anda yang berencana memiliki anak ke-2 dan ingin mewariskan ranjang bayi Si Kakak kepada adiknya, agaknya tepat menjadikan hal ini alasan untuk ia pindah ke tempat tidur. Meski begitu, Rachel Waddilove, ahli parenting dan pengarang buku The Toddler Book, menyarankan agar para orangtua mengajak anak pertama mereka pindah ke tempat tidur 6 minggu sebelum adiknya lahir. “Ini akan menghindari anak Anda merasa disisihkan dengan kedatangan adik barunya,” ujarnya. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: saatnya tinggalkan ranjang bayi,   tempat tidur balita,   balita,   batita,   tempat tidur,   tempat tidur anak










Cover April 2020