Mother&Baby Indonesia
Biarkan Anak Pilih Baju

Biarkan Anak Pilih Baju

Semakin anak tumbuh besar, ia akan mulai menentukan pilihannya sendiri. Salah satunya, saat mengenakan pakaian. Bila ia bergerak gelisah saat Anda memakaikan atau mengganti bajunya, mungkin saja hal itu terjadi karena ia ingin memilih bajunya sendiri.

 

Rachel Waddilove, ahli parenting dan pengarang buku The Toddler Book, menyebutkan, “Sangat penting membebaskan anak untuk menentukan pilihannya sendiri. Ia jadi belajar untuk menentukan apa yang ia lakukan, dan tidak hanya sekadar mengikuti apa yang diperintahkan Anda.”



 

Dilansir melalui Mother&Baby Astralia, jika Si Kecil mulai ingin memilih pakaian mana yang ingin dipakainya, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut.

 



1.  Anda bisa membatasi pilihannya dengan cara memberi 2 atau 3 helai pakaian untuk ia pilih sendiri. Sebab, terlalu banyak pilihan akan membuat ia bingung.

2.  Anda harus menghargai keinginannya. Jangan langsung menyembunyikan baju pilihannya hanya karena tidak cocok dengan warna celananya.

3.  Biarkan ia salah memilih dan mencocokkan pakaiannya. Misalnya, biarkan saja bila ia ingin menggunakan jaket di hari yang cerah. Setelah itu, ia pasti akan belajar kalau dirinya salah memilih, karena jaket membuatnya gerah dan berkeringat. Hal ini pun bisa menjadi proses pembelajaran baginya bahwa selalu ada konsekuensi dalam setiap tindakan yang dikerjakannya.

4.  Saat Anda ingin membelikan anak sepatu, sertakan ia saat mencoba ukuran sepatunya. Anda bisa menentukan sepatu mana yang cocok untuknya, lalu biarkan ia yang memakai dan melepaskannya sendiri. Anda dapat menolongnya hanya bila ia meminta bantuan Anda. Kepercayaan dirinya pun akan bertambah dan ia akan merasa Anda menganggapnya sudah besar. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: biarkan anak pilih baju sendiri,   baju,   anak,   baju anak,   memilih baju sendiri










Cover April 2020