Mother&Baby Indonesia
Mari Bicara Bahasa Bayi

Mari Bicara Bahasa Bayi

Ada beberapa ibu yang kurang suka mendengarkan ibu lain berbicara dengan cara kekanak-kanakan kepada bayinya. Namun, studi terbaru menyarankan hal tersebut tetap dilakukan untuk membantu Si Kecil mempelajari bahasa dengan lebih cepat.

 

Berdasarkan studi dari 2 universitas terkemuka di Amerika Serikat, para orangtua yang berbicara dengan bayinya menggunakan nada yang tinggi dengan mengulur-ulur kata, mampu membuat Sang Bayi belajar kosakata 3 kali lipat lebih banyak saat usianya 2 tahun kelak, seperti dilansir melalui M&B UK.



 

Sebanyak 4.000 orangtua dan bayinya diobservasi selama 30 detik ketika sedang berbicara dengan menggunakan kata-kata bahagia yang diulur dengan intonasi yang tinggi. Hasilnya, bayi-bayi tersebut menjadi lebih cerewet dan kemampuan bicaranya menjadi lebih baik.

 



Berbicara dengan menggunakan 'bahasa bayi' mampu meningkatkan keahlian bicara bayi lebih baik ketimbang bayi diajak bicara dengan cara yang normal. Ini terjadi karena kemampuan bahasa Si Kecil tidak berkembang berdasarkan banyaknya kata yang didengarnya, namun bagaimana cara Anda menggunakan kata-kata tersebut saat berbicara dengannya.

 

Jadi, bila Anda tanpa sengaja berbicara dengan menggunakan 'bahasa bayi' kepada Si Kecil, tetaplah melakukan hal tersebut untuk membantunya lebih banyak mengoceh. Bila Anda merasa aneh melakukan hal tersebut, Anda bisa mencoba bernyanyi dengan 'bahasa bayi' untuknya. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: bicara bahasa bayi,   bahasa bayi,   mengoceh,   kemampuan bahasa anak