Mother&Baby Indonesia
Nutrisi Dasar untuk Tumbuh-Kembang

Nutrisi Dasar untuk Tumbuh-Kembang

Setelah lahir, proses tumbuh-kembang Si Kecil masih akan berlangsung dengan pesat, terutama perkembangan otak dan sistem pertahanan tubuhnya. Agar anak dapat tumbuh dan berkembang optimal, semua kebutuhan dasarnya harus terpenuhi, termasuk nutrisi, kasih sayang, stimulasi, imunisasi, dan kebersihan.

 

Menurut Dr. dr. Hartono Gunardi, Sp.A(K), ahli tumbuh-kembang dari FKUI, sangat penting bagi para ibu untuk memahami tentang pengetahuan gizi anak, bahkan sejak sebelum mengandung, agar kehadiran Sang Calon Bayi benar-benar dipersiapkan dengan optimal. Berikut 4 kebutuhan nutrisi dasar yang diperlukan anak dalam menu hariannya, agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.



 

1.  Protein
Selain untuk pertumbuhan Si Jabang Bayi di dalam kandungan, protein juga diperlukan untuk mendukung pembentukan fungsi sel dan organ Si Kecil. Selain itu, protein merupakan salah satu zat proteksi terhadap infeksi.  
 

 

2.  Karbohidrat
Karbohidrat diperlukan untuk kebutuhan energi harian Si Kecil. Selain itu, kerbohidrat juga berfungsi meningkatkan aktivitas sel dalam tubuh. Namun, Anda harus tetap menjaga kadar karbohidrat harian, agar kadar gula darah tetap terkontrol.
 



 

3.  Lemak
Lemak yang berasal dari sumber hewani, seperti susu, daging, dan telur, merupakan bagian dari nutrisi utama dalam menu harian. Fungsi utama lemak adalah sebagai cadangan energi, selain sebagai sebagai komponen pembentuk membran dan struktur sel-sel tubuh sekaligus pengantar sejumlah zat, serta penyerap vitamin yang larut dalam lemak. Namun, konsumsi lemak juga perlu diperhatikan.
 

 

4.  Vitamin dan Mineral
Vitamin dan mineral penting untuk menunjang tumbuh-kembang anak. Kedua zat ini dibutuhkan untuk menyediakan energi dan membantu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, mineral juga diperlukan untuk menjaga kesehatan anak, termasuk membentuk tulang yang kuat, memproduksi hormon, dan mempertahankan kestabilan denyut jantung. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: nutrisi dasar untuk tumbuh-kembang,   nutrisi tumbuh-kembang,   nutrisi pertumbuhan,   nutrisi,   nutrisi anak,   n