Mother&Baby Indonesia
Atasi Luka Bakar Si Kecil

Atasi Luka Bakar Si Kecil

Rentang usia 6 bulan hingga 2 tahun adalah rentang usia anak yang sangat berisiko terhadap trauma akibat bermain dan sejenisnya, termasuk luka bakar. Bila itu terjadi, lakukan pertolongan pertama berikut untuk meminimalisir kerusakan kulitnya.

 



Luka Bakar Kecil 
1.  Segera siram bagian tubuh yang terbakar dengan air dingin yang mengalir selama 10 menit untuk meredam panas. Bila tidak tersedia air, cairan lain seperti susu atau minuman kaleng yang aman, juga dapat meredam panas.
2.  Tutup bagian tubuh yang terbakar dengan pembalut steril atau bahan yang tidak berbulu untuk mencegah infeksi, tetapi jangan diikat terlalu ketat. Untuk keadaan darurat, kantong plastik yang bersih juga dapat digunakan, asal tidak untuk daerah wajah.
3.  Jika ada kulit yang melepuh, segera bawa Si Kecil ke dokter. Jangan pernah merobek bagian yang melepuh, karena dapat menimbulkan infeksi. Jika Anda tidak yakin seberapa besar luka Si Kecil, sebaiknya Anda segera membawanya ke rumah sakit.



 

Luka Bakar Besar
1.  Segera siram bagian tubuh yang terbakar dengan air dingin yang mengalir selama 10 menit sambil tetap menjaga bagian tubuh yang lain agar tetap hangat. Jangan tutupi bagian yang terbakar dengan kain.
2.  Buka pakaiannya. Kalau pakaiannya tidak menempel di kulit, buka pakaian tersebut  secepatnya. Jangan paksa membuka sesuatu yang menempel di bagian kulit yang terbakar.
3.  Saat Anda menunggu bantuan, usahakan jangan sampai tercemar infeksi. Tutupi bagian yang luka dengan kantong plastik bersih. Jangan tutupi bagian luka tersebut jika terdapat pada bagian wajah. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: atasi luka bakar si kecil,   luka bakar,   trauma bermain