Mother&Baby Indonesia
Kegiatan Bonding Ibu dan Si Kecil

Kegiatan Bonding Ibu dan Si Kecil

Sembilan bulan lebih Anda menunggu, akhirnya Si Kecil lahir ke dunia. Anda tak henti mencium, memeluk, dan menatap setiap senti bagian tubuh mungilnya. Begitu bahagianya masa-masa saat Anda mengasuh malaikat kecil Anda. Inilah saat yang tepat untuk mempererat bonding Anda dan Si Kecil dengan memanfaatkan beberapa kegiatan berikut.

 

1.  Skin to Skin
Para ahli kesehatan mengemukakan, pentingnya kontak kulit atau skin to skin antara ibu dan bayinya. Bahkan, kontak kulit ini harus dilakukan sesegera mungkin. Itu sebabnya, setiap bayi yang baru lahir harus segera didekatkan pada dada Sang Ibu, sehingga ia dapat mendengar suara detak jantung ibunya. Bahkan, jika persalinan ibu bermasalah, pasangannya perlu melakukan hal serupa. Tidak hanya setelah bayi lahir, sentuhan ini masih akan tetap diperlukan selama beberapa minggu berikutnya.



 

2.  Ajak Bicara
Penelitian menunjukkan bahwa sejak usia 24 minggu di dalam rahim, bayi mulai dapat mendengar suara. Mengajak bayi Anda berbicara setiap hari dapat membantu mempererat hubungan Anda dan Si Kecil. Intonasi atau nada suara Anda dapat membuatnya tenang, lho!

 

3.  Waktu Mandi
Saat Anda memandikan bayi juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk melakukan bonding dengan Si Kecil. Kegiatan memandikan Si Kecil tentu  sangat menyenangkan, ketika Anda bisa bermain dengan mempercikkan air dengannya, mengajaknya bicara, atau menyanyikan lagu gembira. Momen ini akan terasa menyenangkan bagi bayi Anda. 

 



4.  Pijat Bayi
Tak ada salahnya Anda belajar teknik sederhana untuk memijat bayi. Sentuhan yang Anda lakukan saat memijat bayi terbukti memiliki efek menenangkan. Anda dapat memijat lembut bagian-bagian tubuh bayi Anda, dan lihat bagaimana ia merespons pijatan Anda. Gunakan baby oil atau baby lotion yang aman untuknya. Tubuh Si Kecil pun akan lebih rileks.

 

5.  Menyusui
Momen menyusui juga merupakan ajang bonding antara Anda dan Si Kecil. Tidak hanya mencukupi gizi yang dibutuhkan bayi Anda, kegiatan menyusui juga merangsang hormon oksitosin, yang dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak. Kegiatan ini juga akan membangkitkan hormon 'bahagia' endorfin.

 

6.  Penciuman
Bayi Anda memiliki penciuman yang tajam. Si Kecil akan mampu mengenali orangtuanya dengan cepat melalui aroma tubuh. Oleh karena itu, biarkan bayi Anda mengenal aroma alami tubuh ibunya. Hindari pemakaian parfum yang berlebihan saat bonding bersamanya selama beberapa minggu pertama. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: macam,   jenis,   kegiatan bonding ibu dengan si kecil,   bonding,   bonding ibu dan bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020