Mother&Baby Indonesia
Depresi Ayah Pasca-Kelahiran Anak

Depresi Ayah Pasca-Kelahiran Anak

Postnatal depression (PND) umumnya dihubungkan dengan wanita. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa depresi ini juga bisa terjadi pada pria.

 



Penelitian dari UK Medical Research Council (MRC) dan University College London, Inggris, melihat adanya depresi pada ayah dan ibu sejak awal kelahiran bayi mereka sampai usia Si Kecil mencapai 12 tahun. Mereka menemukan bahwa hal ini terjadi pada 21 persen pria dan 39 persen wanita.



 

Risiko depresi tertinggi ditemukan pada tahun pertama setelah kelahiran Sang Anak. Kurang tidur, tanggung jawab yang bertambah, dan kekhawatiran tentang uang, semua merupakan faktor yang juga memicu stres Sang Ayah. Walaupun gejala yang dialami sama seperti pada banyak wanita, tetapi banyak pria lebih terganggu oleh situasi yang mereka hadapi.

 

Menurut sebuah yayasan kesehatan mental di Inggris, para ayah yang mengalami depresi setelah kelahiran bayi, memiliki risiko yang tinggi mempunyai anak dengan masalah emosi dan tingkah laku. Jika Anda mengalami PND, maka diskusi masalah dengan keluarga dan teman sangat membantu. Anda juga dapat berbicara kepada para ayah lain yang juga mengalami PND. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: depresi pasca-kelahiran,   depresi ayah baru,   depresi,   postnatal depression,   pnd