Mother&Baby Indonesia
Dampingi Anak Main Perosotan

Dampingi Anak Main Perosotan

Salah satu mainan 'wajib' di taman bermain anak adalah perosotan. Batita usia 1,5-2 tahun biasanya sudah dapat memanjat tangga perosotan dan meluncur sendiri tanpa bantuan orangtua mereka. Bila Anda ingin menyiapkan mainan perosotan di halaman rumah, sebaiknya tetap dampingi Si Kecil saat bermain. Pasalnya, seperti dilansir melalui Babycenter, keseimbangan ataupun kontrol tubuh anak-anak masih belum baik untuk tetap duduk tegak saat meluncur. Kepala mereka dapat terbentur atau bahkan lebih buruk saat meluncur ke bawah.

 

Bila Anda mempertimbangkan untuk membeli perosotan berukuran besar, sebaiknya tunggu sampai Si Kecil berusia 2 tahun. Anda pun harus tetap berada di dekatnya saat ia sedang bermain. Victoria J. Youcha dari organisasi nirlaba Zero to Three yang mengurusi perkembangan kesehatan anak dan bayi mengungkapkan, “Anak-anak masih belum bisa mengukur jarak-- apakah mereka sudah terlalu dekat dengan ujung perosotan atau belum.”



 



Jadi, jika Anda membiarkan Si Kecil bermain perosotan, ia harusnya sudah bisa mendengarkan instruksi Anda, seperti kapan ia harus duduk, tidak boleh berbaring, dan sebagainya. Untuk keamanannya, jangan biarkan ia memanjat bagian depan perosotan, karena bagian tersebut sangat licin dan dapat membuatnya terjatuh. Ia harus menggunakan tangga atau pijakan yang tersedia di bagian belakang saat bermain perosotan. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: dampingi anak main perosotan,   perosotan,   batita,   anak,   taman bermain,   meluncur