Mother&Baby Indonesia
Waspada Belekan Pada Bayi

Waspada Belekan Pada Bayi

Saat kita bangun tidur, kita akan selalu menemukan kotoran yang keluar dari mata, yang biasa dikenal dengan belek. Namun, belekan pada bayi yang baru lahir bisa menjadi tidak wajar, karena disebabkan oleh infeksi bakteri, salah satunya yaitu opthalmia neonatorum, saat proses persalinan. Gejala yang akan ditemui pada mata Si Kecil adalah merah, bengkak, dan banyak terdapat belek.

 

Ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan masalah ini, misalnya akibat iritasi kimia, bakteri, atau virus herpes simplek. Selain itu, belekan juga dapat diakibatkan oleh saluran penghubung antara air mata dan rongga hidung Si Kecil tersumbat sehingga air matanya tidak dapat mengalir. Lama-kelamaan akan terjadi infeksi lalu mata pun menjadi berair dan belekan. Untungnya, masalah anatomi ini dapat sembuh dengan sendirinya saat Si Kecil menginjak usia 1 tahun.



 



Anda dapat mengobati masalah belekan Si Kecil dengan menggunakan antibiotik yang sudah direkomendasikan dokter. Jangan lupa untuk membersihkan belek Si Kecil terlebih dahulu sebelum membubuhkan obat. Dan sebaiknya Si Kecil tidak bertemu dengan orang lain dulu, karena ditakutkan akan menular. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   mata,   belekan