Mother&Baby Indonesia
3 Bayi di Kanada Sembuh Dari HIV!

3 Bayi di Kanada Sembuh Dari HIV!

Dalam konferensi AIDS 2014 di Melbourne pada Juli lalu, sebuah berita baik diumumkan. Tiga bayi Kanada dinyatakan bebas dari HIV setelah mendapatkan perawatan langsung pasca-dilahirkan. Dengan mengadopsi metode perawatan yang sama, tingkat virus pada bayi yang mengidap HIV di Mississippi juga mengalami penurunan. Ini merupakan angin segar dalam bidang medis untuk berperang melawan AIDS. Para ilmuwan berharap pengidapnya dapat diobati jika mendapatkan perawatan sedini mungkin.

 



“Meski perawatan ini belum bisa secara resmi dinyatakan sebagai penyembuh HIV, namun para dokter akan menghentikan pemberian obat anti-HIV dan melihat apakah virusnya akan kembali lagi,” ujar Profesor Sharon Lewin kepada Dailymail Australia. Ia pun menambahkan, “Kami sangat senang mendengar bahwa keempat bayi tersebut langsung mendapatkan perawatan segera setelah dilahirkan. Dan saat dokter mencoba mendeteksi adanya virus di dalam sistem tubuh para bayi, mereka tidak menemukanya.”



 

Dilansir melalui Dailymail, berdasarkan data dari University of Mississippi, Dr. Hannah Gay, seorang spesialis HIV, memberikan perawatan kepada bayi-bayi tersebut 30 jam setelah mereka dilahirkan. Hanya 29 hari kemudian, mereka dinyatakan sembuh dan berhenti melakukan perawatan. Meski begitu, cara terbaik agar menghentikan bayi mengidap HIV adalah dengan memberikan perawatan kepada ibunya selama kehamilan. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   ibu,   hamil,   hiv,   aids,