Mother&Baby Indonesia
Rasa Sakit Melahirkan & Ingatan Ibu

Rasa Sakit Melahirkan & Ingatan Ibu

Bagaimana Anda mengingat proses persalinan Anda? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ingatan seorang wanita tentang proses persalinannya dipengaruhi oleh tingkat rasa sakit yang mereka rasakan.

 

Penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli psikologi, Eran Chajut dari Universitas Terbuka Israel ini melibatkan sekitar 320 wanita hamil. Seorang peneliti diminta untuk mengamati proses persalinan para wanita hamil tersebut. Peneliti juga meminta para wanita hamil untuk menilai rasa sakit yang mereka rasakan setiap 20 menit, dalam skala 1 sebagai rasa sakit paling minimal, hingga 100 sebagai rasa nyeri paling hebat. Setelah kelahiran, peneliti meminta para ibu untuk memberikan evaluasi keseluruhan nyeri persalinan mereka dengan menggunakan skala yang sama. Survei ini dilakukan 2 hari dan 2 bulan setelah persalinan. 



 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat nyeri yang dialami seorang ibu selama persalinan memengaruhi bagaimana cara mereka mengingat tentang pengalaman persalinan, tanpa memerhatikan lama durasi persalinan mereka. Selain itu, para wanita yang menerima epidural mengingat bahwa mereka memiliki tingkat rasa sakit yang lebih rendah saat melahirkan, meskipun faktanya mereka merasakan rasa sakit dengan durasi lebih lama.



 

"Secara praktis, hasil ini menunjukkan bahwa analgesia epidural tidak hanya bermanfaat saat melahirkan, tetapi juga efektif dalam memodulasi memori seorang ibu tentang persalinan," ungkap peneliti dikutip dari M&B Australia. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: ibu,   kesehatan,   persalinan,   hamil,   melahirkan,