Mother&Baby Indonesia
Persiapan Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Persiapan Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Memasuki usia kehamilan di trimester ketiga, akan banyak persiapan yang dilakukan ibu hamil untuk menghadapi persalinan. Rasa cemas dan khawatir pun mungkin mulai muncul dalam benak Anda di trimester ini. Tenang dan rilaks! Ikuti panduan cerdas berikut ini agar Anda lebih siap jelang persalinan.

 

1. Latihan Teknik Pernapasan
Pasca kelahiran Si Kecil nanti, Anda akan mengalami perubahan hidup yang signifikan. Itu sebabnya, banyak wanita yang mengalami masalah perubahan suasana hati jika mental mereka tidak siap saat akan menjadi ibu. Jika Anda memiliki kekhawatiran berlebihan tentang persalinan nanti, latihan teknik pernapasan dan manajemen kecemasan di kelas antenatal saat trimester ketiga dapat membantu mengatasi masalah kecemasan Anda.



 

2. Konsultasi pada Dokter
Konsultasikan keluhan apa pun yang memicu kecemasan Anda pada dokter. Jangan terlalu mudah terprovokasi dengan info kesehatan atau gejala penyakit yang tersebar di media. Anda hanya bisa memastikannya dengan memeriksakan langsung ke dokter Anda.

 



3. Diskusikan Rencana Persalinan Anda
Diskusikan dengan dokter rencana persalinan yang akan Anda jalani agar Anda merasa lebih siap dalam menghadapinya nanti, termasuk apa saja persiapan yang harus Anda lakukan. Anda juga bisa mendiskusikan rencana persalinan dengan pasangan, agar mereka bisa lebih mengerti kebutuhan Anda, termasuk dukungan dari pasangan.

 

4. Packing
Saat ini waktunya Anda mempersiapkan kebutuhan persalinan Anda di rumah sakit nanti. Mulai persiapkan pakaian yang nyaman, sandal, perlengkapan mandi, makanan dan minuman ringan, serta perlengkapan lain Anda dan bayi nantinya. Persiapan yang Anda lakukan secara tidak langsung akan melatih mental Anda untuk lebih siap menghadapi persalinan nanti. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: tips,   ibu,   hamil,   kesehatan,   persalinan,