Mother&Baby Indonesia
Hindari Sakit Punggung Saat Hamil

Hindari Sakit Punggung Saat Hamil

Anda memang tak bisa menghindari perubahan hormon dan kenaikan berat badan yang terjadi saat hamil. Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi tulang belakang selama hamil, agar tidak sakit punggung.

 

1. Aktif Bergerak
Dalam kondisi hamil atau tidak, olahraga dapat membuat tubuh Anda sehat dan tulang belakang menjadi lebih kuat. “Berjalan kaki atau berenang secara teratur akan membuat otot-otot tubuh selalu prima dan persendian menjadi fleksibel, sehingga mampu menyokong tulang belakang dengan baik,” ujar Joanna Helcke, personal trainer. Sendi-sendi dalam tubuh disokong oleh ligamen dan otot. Jadi, semakin kuat sendi, semakin berkurang risiko Anda mengalami sakit punggung.



 

2. Sepatu yang Tepat
Anda mungkin seorang penggila high heels. Namun saat hamil, sebaiknya kenakan sepatu dengan hak yang tak lebih dari 3 cm untuk menjadi postur tubuh Anda. Pilih juga alas kaki yang nyaman untuk dikenakan.

 

3. Posisi Tidur
Selama hamil, sebaiknya jangan tidur telentang. Baringkan tubuh ke salah satu sisi, kiri atau kanan. Tekuklah salah satu atau kedua lutut, dan letakkan bantal di antaranya untuk meringankan tugas tulang punggung menyangga berat tubuh Anda.



 

4. Tekuk Lutut Anda
Ketika hendak mengambil benda di lantai, berjongkoklah dan angkat badan dengan kedua kaki. Jangan membungkukkan pinggang, lalu mengangkat tubuh dengan beban di punggung. Selain itu, jangan mengangkat benda yang berat. Tidak ada salahnya untuk meminta tolong untuk mengangkat benda tertentu.

 

5. Variasikan Gerakan
Anda terbiasa untuk membawa tas di bahu sebelah kiri? Untuk mengurangi beban tulang belakang, lakukanlah variasi dengan menggantinya ke bahu sebelah kanan. Saat pertama mungkin akan terasa janggal, namun dengan cara memvariasikan gerakan seperti ini, tulang belakang mendapatkan porsi beban yang sama. (OCH/Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: tips,   ibu,   hamil,   kesehatan,   sakit_punggung