Mother&Baby Indonesia
Jeruk Turunkan Berat Badan

Jeruk Turunkan Berat Badan

Saat makan, kenaikan berat badan seringkali menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan wanita. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena khasiat buah jeruk dipercaya dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

 

Dikutip dari Daily Mail, sebuah studi menemukan bahwa minum jus jeruk saat konsumsi makanan berlemak dapat menurunkan jumlah berat badan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa buah jeruk bisa menjadi obat alami yang mengontrol kadar gula darah Anda. Hal tersebut tentu penting bagi pengelolaan diabetes.



 

Dalam studi tersebut, sebagian responden diberi makan makanan berlemak dan mengonsumsi buah jeruk ataupun jus jeruk sebagai hidangan penutup, sedangkan sebagian responden lagi konsumsi makanan yang sama, tanpa mengonsumsi buah jeruk. Percobaan ini dilakukan selama 3 bulan. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa responden yang mengonsumsi makanan berlemak tanpa buah jeruk, 18 persen lebih berat daripada mereka yang mengonsumsi buah jeruk dalam diet hariannya. Responden yang mengonsumsi jeruk juga memiliki gula darah yang lebih rendah, meskipun mereka mengonsumsi makanan dan melakukan olahraga yang sama.



 

Dalam jurnal PLOS ONE juga dilaporkan, jus jeruk mampu mengendalikan kadar insulin seperti kinerja obat yang dikonsumsi penderita diabetes. Namun, masih belum diketahui bagaimana jus jeruk mampu menghentikan penimbunan lemak pada tubuh seseorang. The British Dietetic Association melaporkan bahwa khasiat buah jeruk ini masih perlu diuji secara menyeluruh untuk melihat apakah buah jeruk juga dapat mencegah obesitas dan diabetes. “Masih terlalu dini untuk mencoba pola diet ini. Buah jeruk memang menjadi bagian dari diet sehat, tetapi tidak bisa menjadi menu utama dalam diet,” ungkap Mariette Abrahams, ahli gizi sekaligus juru bicara penelitian. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: nutrisi,   buah,   jeruk,   kesehatan,   ibu,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020