Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Taman Bermain

Pentingnya Taman Bermain

Taman merupakan salah satu fasilitas publik yang digunakan untuk melakukan aktivitas menyenangkan bagi semua kalangan masyarakat. Bagi anak, taman merupakan saranan untuk memenuhi kebutuhan bermainnya.

 

Anak-anak memang membutuhkan ruangan bermain terbuka yang luas dan lapang. Taman dipercaya mampu menumbuhkan rasa bahagia dan keceriaan, khususnya bagi anak-anak. Untuk itu, keberadaan taman-taman, khususnya di kota besar perlu dijaga kebersihan dan kelestariannya.



 

Menurut Veronica Tan, Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, taman-taman kota sangat penting keberadaannya. Selain untuk penghijauan, taman kota juga diharapkan dapat menjadi sarana bermain anak yang nyaman dan aman.

 

“Taman mengajarkan pada anak kita bahwa banyak hal positif yang bisa dilakukan di sini, seperti bersosialisasi, bergotong royong, berkegiatan fisik, bermasyarakat, dan lain-lain. Kita bisa mengembalikan adat bermasyarakat kita di sini,” ungkap  istri dari gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama itu, dalam acara Peremajaan Taman Kahfi, Jagakarsa oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta bersama DBS Indonesia, beberapa waktu lalu.



 

Ia menambahkan, perawatan taman ini memerlukan tanggung jawab berbagai pihak. “Pekerjaan rumah yang paling besar adalah merawat taman dan menjaganya agar tetap indah. Pemerintah juga banyak mendirikan fasilitas untuk publik dengan konsep yang baik. Namun, akan lebih maksimal jika semua pihak ikut bergotong-royong merawatnya. Masyarakat juga harus ikut mendukung."

 

Ibu 3 anak ini percaya, jika sebuah fasilitas seperti taman ini layak anak, otomatis kesejahteraan bagi orangtua dan semua kalangan pun terpenuhi. Ia juga berharap, peremajaan taman akan dilakukan di taman-taman kota lainnya, sehingga lebih banyak masyarakat yang akan merasakan manfaatnya. Agar taman kota menjadi nyaman untuk anak, perlu dibangun fasilitas bermain, penanaman pohonm atau bahkan bisa dibangun pondok bacaan. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: info,   balita,   anak,   taman,   bayi










Cover April 2020