Mother&Baby Indonesia
Waspada! Stres Akibat Selalu Cek Email Kantor

Waspada! Stres Akibat Selalu Cek Email Kantor

Kebanyakan dari kita sudah tidak bisa lepas dari ponsel dan komputer agar tak ketinggalan informasi, baik itu dari teman mau pun dari kantor. Namun fakta terbaru menunjukkan, intensitas pengecekan email dapat berdampak pada tingkat stres yang Anda alami dan kesehatan tubuh.

 



Tidak hanya itu, studi sebelumnya dari Jerman juga menyebutkan seseorang yang mengecek email atau menerima telepon dari kantor di malam hari ataupun saat akhir pekan cenderung mengalami insomnia, sakit kepala, kelelahan, kecemasan, dan masalah pada perut.



 

Dilansir melalui Dailymail, para peneliti dari University of British Columbia, Kanada, menyertakan 124 partisipan dalam studi terbaru ini. Sebagian dari mereka kemudian diinstruksikan untuk mengecek email hanya tiga kali sehari dalam seminggu, sementara yang lainnya tetap diminta untuk mengecek email seperti biasanya. Mereka pun harus menjawab surveyi harian, termasuk informasi mengenai tingkat stres mereka selama penelitian berlangsung.

 

“Hasilnya menunjukkan semakin jarang mereka mengecek email, semakin rendah pula stres yang dialami,” ujar pemimpin penelitian, Kostadin Kushlev. Ia pun menambahkan kebanyakan orang merasa sulit untuk mengubah kebiasaan mereka mengecek email setiap saat, padahal jika mampu diubah tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri. Jadi, mulai seimbangkan waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda ya, Moms! (Sagar/DT/Dok. M&B)
 



Tags: email,   kantor,   pekerjaan,   kesehatan,   stres