Mother&Baby Indonesia
Indra Penciuman Wanita Lebih Kuat Daripada Pria

Indra Penciuman Wanita Lebih Kuat Daripada Pria

Sejak dulu wanita disebut-sebut memiliki indra penciuman yang lebih tajam dari para pria. Misteri ini akhirnya terpecahkan oleh para ilmuwan. Profesor Roberto Lent dari National Institute of Translational Neuroscience, Ministry of Science and Technology di Brazil, menemukan bahwa ada bukti biologis dalam otak wanita dan pria sehingga terdapat perbedaan penciuman di antara kedua gender.

 

Dilansir melalui Dailymail, perbedaan penciuman ini dipengaruhi oleh perbedaan perilaku serta berhubungan dengan persepsi seseorang mengenai bau, yang secara natural diasosiasikan dengan pengalaman dan emosi. Karenanya, ilmuwan percaya penciuman kuat pada wanita didasari oleh kognitif atau emosi, daripada persepsi.



 



Selain itu, penelitian dari University of Sao Paulo, University of California, San Francisco, dan Albert Einstein Hospital di Sao Paulo, juga menyebutkan jumlah sel penciuman di dalam struktur otak wanita hampir 50 persen lebih banyak dibandingkan dengan sel penciuman pada otak pria. Jumlah saraf yang lebih besar inilah yang kemudian berkolerasi dengan kepekaan wanita pada berbagai macam bau yang cukup kompleks. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: wanita. pria,   otak,   indra_penciuman