Mother&Baby Indonesia
Ciuman Tingkatkan Sistem Imun

Ciuman Tingkatkan Sistem Imun

Berciuman dengan pasangan tidak hanya menciptakan momen romantis dan meningkatkan keintiman antara Anda dan suami. Ternyata, masih banyak manfaat lain yang bisa didapat dari ciuman, termasuk kesehatan.

 

Pertukaran bakteri antara Anda dan pasangan yang disebabkan oleh aktivitas ciuman ternyata dapat membantu membentuk sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Menurut seorang ahli biologi Belanda, sebanyak 80 juta bakteri ditransfer antar mulut saat Anda berciuman selama sepuluh detik. Pertukaran kuman antar mulut ini dapat saling membentuk sebuah mikrobiota, dan berperan penting dalam menangkal infeksi pada tubuh.



 

Temuan ini kemudian kembali diuji oleh Remco Kort, dari Organisasi Riset Ilmiah Terapan di Belanda dengan melibatkan 21 pasangan. “Sebanyak 90 persen pasangan mengakui pernah berciuman secara intim yang melibatkan kontak lidah dan pertukaran air liur. Menariknya, ciuman intim ini berperan penting bagi pembentukkan mikrobiota dalam rongga mulut. Dan ternyata, semakin sering para pasangan berciuman secara intim, mikrobiota mereka akan lebih mirip satu sama lain, dan dapat menangkal infeksi dengan lebih kuat," ungkap Remco Kort, seperti dilansir dari sumber Daily Mail.



 

Selain itu, para ilmuwan lain juga memperingatkan bahwa terlalu higienis dan menjaga kebersihan ternyata juga dapat meningkatkan alergi dan masalah kesehatan lainnya, termasuk asma. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: info,   kesehatan,   ibu,   seks,   ciuman,