Mother&Baby Indonesia
Ayah pun Bisa Ikut Ngidam

Ayah pun Bisa Ikut Ngidam

Kadang Anda bertanya, apakah benar sebagai ayah, Anda bisa ikut ngidam? Ternyata Anda bisa ngidam juga, Dads. Dilansir dari Mayo Clinic, keadaan ini disebut Couvade Syndrome, sebuah situasi di mana suami yang istrinya sedang hamil merasakan gejala-gejala kehamilan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kondisi ini biasanya dirasakan ayah pada trimester 1 dan 3 kehamilan istrinya. Tapi belum ada penelitian yang bisa menjelaskan apakah penyebab sindrom ini hanya psikologis belaka atau fisik.

 

Menurut Anna Surti Ariani, S. pSi, M.Si, psikolog anak dan keluarga, kecemasan yang luar biasa membuat pria mengalami gejala-gejala seperti istrinya yang sedang hamil, misalnya sakit badan, pusing dan lainnya. Jika kecemasan ini tidak disalurkan dan bercampur dengan rasa lelah, memungkinkan juga pria mengalami baby blues. “Sebagai ayah memiliki kecemasan itu wajar. Ketika ia tahu dan sadar akan perasaannya, ia cenderung bisa menerima dan bisa menurunkan stres yang ia rasakan,” ujar Nina.



 



Anda bisa mengatasi rasa cemas Anda dengan mulai menyiapkan diri sebagai seorang ayah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pria misalnya dengan menggali pengetahuan sebanyak mungkin. Ayah bisa membaca banyak referensi tentang kehamilan dan parenting. Anda juga bisa bertanya pada banyak teman, ahli dan orang tua. Setelah semua informasi terkumpul saatnya Anda mempraktikkannya.
 

(SikstaAlia/DT/dok.MBUK)



Tags: ayah_ngidam,   baby_blues










Cover Mei-Juni-Juli 2020