Mother&Baby Indonesia
Jangan Biasakan Menggendong Bayi Sebelum Tidur

Jangan Biasakan Menggendong Bayi Sebelum Tidur

Menggendong adalah hal yang biasa dilakukan oleh orangtua. Namun, para ahli memperingatkan bahwa selalu menggendong bayi sebelum tidur akan menimbulkan masalah bagi Anda. Lynne Murray, profesor psikologi perkembangan, mengungkapkan bayi yang terbiasa digendong sebelum tidur akan mencatat kapan Anda menurunkannya dan kembali merengek minta digendong. Selain itu, bayi yang terbiasa di gendong saat disusui juga menjadi lebih sulit tidur malam.

 

Dilansir melalui Dailymail, Profesor Murray yang sudah menghabiskan waktu lebih dari 40 tahun meneliti perkembangan anak, menyarankan orangtua untuk membiarkan bayi tidur secara natural dengan menaruhnya di tempat tidur dan diselimuti. Apabila rutinitas ini dilakukan sejak awal, akan mencegah Anda begadang semalaman untuk menggendong Si Kecil.



 



Profesor yang juga mengarang buku The Psychology of Babies, ini menjelaskan Anda perlu menunggu bayi berusia beberapa minggu untuk mengetahi kapan ia mengantuk. Setelah itu pelajari bagaimana membuatnya nyaman dan terlelap dengan cepat, misalnya dengan menyelimutinya, mematikan lampu, membuat suasana menjadi hening, memakaikan pakaian dengan bahan tertentu, menggunakan pewangi kamar tertentu, atau menaruh boneka di sampingnya. Jadi, tanpa digendong, ia pun bisa tertidur pulas. Selain itu, membacakan cerita juga dinilai dapat membuat bayi tidur lebih cepat dan meningkatkan kekuatan otaknya. (Sagar/DT/Dok. Dailymail UK)



Tags: bayi,   tidur,   orangtua,   menggendong








Cover Maret 2020