Mother&Baby Indonesia
Tips Sehat di Kantor

Tips Sehat di Kantor

Menurut survei dari Cintas Corporotion, 84 persen pegawai perkantoran mengaku tetap  bekerja meskipun dalam keadaan sakit. Sebanyak 45 persen di antaranya tidak memberi peringatan kepada rekannya bahwa mereka sedang sakit.

 



Kantor sebagai tempat yang cukup potensial untuk menyebarkan virus penyakit. Tidak hanya dari rekan kerja yang sedang sakit, peralatan kantor yang berdebu, karpet yang tidak pernah dibersihkan, sampai gagang pintu ruangan Anda pun dapat menjadi tempat bersarangnya virus penyakit. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah terkena penyakit saat bekerja di kantor.

 

1. Selalu Waspada
Tahukah Anda, keran wastafel di kamar mandi kantor, gagang pintu di ruang istirahat, pegangan kulkas, dan keyboard komputer Anda merupakan tempat favorit bagi kuman. Oleh karena itu, bersihkanlah ruangan setiap hari dengan menggunakan cairan disinfektan agar terbebas dari kuman-kuman tersebut. Selain itu, biasakanlah untuk mencuci tangan setelah menyentuh barang-barang umum, seperti kulkas, microwave, keran, dan pegangan pintu.



 

2. Jaga Kebersihan Diri
Meski hanya duduk di depan komputer, tidak berarti Anda terbebas dari serangan kuman. Jagalah kebersihan diri Anda sebisa mungkin! Sempatkanlah untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, sehabis membaca majalah di ruang tunggu, serta setelah melakukan rapat yang mungkin mempertemukan Anda dengan orang baru dan bersalaman dengannya. Cuci tangan Anda dengan air dan sabun selama 20 detik untuk memberantas kuman secara maksimal.

 

3. Asupan Cairan
Dehidrasi yang dikombinasikan dengan kurang tidur dan stres akibat pekerjaan yang tidak kunjung selesai akan membuat daya tahan tubuh Anda menurun. Akibatnya, Anda juga jadi rentan terserang berbagai macam penyakit. Selalu sediakan sebotol air di meja kerja agar Anda tidak lupa untuk minum, sehingga kebutuhan cairan pun dapat terpenuhi dengan baik. Jika bosan dengan air putih biasa, Anda dapat menambahkan potongan lemon atau teh herbal untuk menambah kesegarannya.

 

4. Sebotol Vitamin
Apabila tubuh Anda memang cukup rentan terserang penyakit, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan vitamin atau suplemen tambahan, seperti vitamin C atau zinc. Vitamin dan suplemen tersebut sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Tetapi, gunakan vitamin atau suplemen tersebut secara bijaksana sesuai anjuran dokter dan aturan pemakaiannya.

 

5. Jangan Sentuh Wajah Anda
Ketika mulai merasa stres dengan pekerjaan, biasanya Anda akan mengucek mata, menyentuh wajah, dan mengigiti kuku atau pulpen. Semua hal tersebut tanpa disadari akan menyebarkan kuman ke mata, hidung, mulut, dan memberikan akses untuk masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Sistem kekebalan tubuh Anda pun akan diserang. Maka itu, sebisa mungkin jangan sentuh wajah Anda selama bekerja. Jika harus melakukannya, pastikan bahwa Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu. (DC/Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: ibu,   kesehatan,   karier,