Mother&Baby Indonesia
Persiapan Keuangan Sebelum Melahirkan

Persiapan Keuangan Sebelum Melahirkan

Kehamilan adalah sebuah anugerah. Termasuk anugerah waktu karena Anda punya masa sembilan bulan untuk merancang keuangan keluarga. Ingat, banyak hal akan berubah setelah seorang bayi lahir. Jurnalis keuangan ternama, Jean Chatzky mengatakan ada empat hal tentang keuangan yang bisa Anda pikirkan selama kehamilan.

 

1. Pikirkan masa depan keuangan Anda, terutama jika Anda memutuskan untuk berhenti bekerja. “Apakah Anda sudah memikirkan bagaimana mengelola keuangan tanpa pemasukan dari Anda?”
2. Kehamilan adalah saat untuk menabung. Anda harus fokus pada bayi Anda dan pakai pikiran itu untuk mengisi tabungan Anda. “Seorang anak butuh banyak hal. Fokuskan itu dalam pikiran Anda.”
3. Teliti anggaran dan benahi. Apakah benar Anda harus membeli baju bayi sebanyak-banyaknya? Harus punya stroller termahal? Apakah tetap harus nonton di bioskop setiap akhir pekan? “Mengatur prioritas anggaran akan sangat membantu Anda menyiapkan masa depan Si Kecil.”
4. Rencanakan pengeluaran Anda. Jika Anda akan kembali bekerja, persiapkan anggaran untuk membayar pengasuh atau daycare. “Pengeluaran itu tidak kecil dan Anda harus menjadikannya prioritas.”. (SR/Aulia/DT/dok.M&B)







Tags: keuangan,   kehamilan,   ibu,  








Cover Januari - Februari 2020