Mother&Baby Indonesia
Atasi Masalah Kulit Saat Hamil

Atasi Masalah Kulit Saat Hamil

Tanya
“Selama menjalani kehamilan kedua ini, kulit saya jadi sering bermasalah. Wajah saya penuh jerawat dan kulit di persendian pun menghitam. Bagaimana ya cara tepat untuk mengatasinya?”
(Saraswati, ibu dari Nadia Alana Putri, 2, dan sedang hamil 6 bulan)

 

Jawab
Minum Air Putih

“Saat hamil, saya juga mengalami masalah dengan kulit wajah yang mendadak berjerawat. Untuk menyiasatinya, saya selalu rajin membersihkan wajah dan banyak mengonsumsi air putih. Cara itu cukup efektif untuk mengurangi jerawat yang tumbuh di wajah saya.”
(Egah, 28, ibu dari Egri, 22 bulan)



 

Bahan Alami untuk Wajah
“Semasa hamil dulu, kulit perut saya rasanya gatal sekali. Untuk mengatasinya, saya memakai krim khusus yang bisa mengurangi gatal. Tetapi untuk merawat wajah, saya tidak berani menggunakan krim kecantikan. Saya memilih bahan alami, seperti membuat masker dari tomat atau ketimun untuk menjaga kelembapannya.”
(Endah Yuniastuti, 33, ibu dari Rasheed Maulana Kadhafi, 4 tahun 5 bulan)

 

Obat Khusus Ibu Hamil
“Saat hamil 8 bulan, saya terkena masalah kulit yang diakibatkan oleh virus varisela zoster. Kondisi itu sempat membuat saya sangat takut, sebab dokter mengatakan untuk mencegah Si Bayi tertular, saya kemungkinan tidak bisa melahirkan normal. Kecuali, saya sembuh sebelum waktu persalinan tiba. Beliau pun menenangkan saya dengan memberikan obat-obatan dan antibiotik yang aman untuk bumil. Saya akhirnya sembuh dan bisa melahirkan normal.”
(Afsun Aulia Nirmala, 7, ibu dari Janitra Gendhis Sastradinatha, 20 bulan)

 

Minyak Kayu Putih
“Permasalahan yang saya alami saat hamil adalah rasa gatal luar biasa di kulit sekitar perut. Saya terkadang sampai tidak bisa menahannya dan selalu ingin menggaruk. Saya pun mencoba mengatasinya dengan mengoleskan minyak kayu putih, agar perut terasa hangat. Rasa hangat itu ternyata berhasil mengurangi gatal. Mandi juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal di perut.“
(B. Enggar Titianingtyas, 27, ibu dari J.D. Patih Wibowo, 16 bulan)



 

Menjaga Kebersihan Tubuh
“Saya mengalami masalah jerawat dan kulit menghitam ketika hamil. Tetapi saya sadar itu akibat perubahan hormon, jadi saya tidak terlalu ambil pusing. Saya hanya berusaha untuk lebih menjaga kebersihan tubuh. Misalnya, untuk mengurangi jerawat, saya berusaha lebih rajin membersihkan wajah. Sedangkan untuk kesehatan kulit tubuh, saya rajin memakai lulur dan pelembab tubuh.”
(Ferbriandina, 26, ibu dari Arkananta, 1,5 bulan)

 

Rajin Luluran
“Di kehamilan kedua, saya mengalami masalah kulit berupa timbulnya bercak-bercak hitam agak besar di bagian kaki dan tangan. Untuk mengatasinya, saya rajin melakukan lulur tubuh. Walaupun tidak langsung memperlihatkan perubahan, lulur tersebut membuat saya lebih percaya diri. Dan di trimester kedua bercak hitam itu ternyata perlahan hilang dengan sendirinya.“
(Pratiwi Frederik, 25, ibu dari Allin Love Shalom, 2,5 tahun, dan Justin Faith Shalom, 6 bulan)

 

(SA/Sagar/Dok. M&B)



Tags: ibu,   wanita,   hamil,   kulit










Cover Mei-Juni-Juli 2020