Mother&Baby Indonesia
Agar Tak Rewel di Perjalanan

Agar Tak Rewel di Perjalanan

Tanya
“Apa yang harus saya lakukan supaya Si Kecil tidak rewel dalam perjalanan?”
(Nina, 28, ibu dari Rose, 7 bulan).

 

Jawab



Lengkapi Perbekalan
“Di setiap perjalanan, saya selalu siap dengan barang-barang perbekalan 'penangkal' rewel Si Kecil. Saya tak pernah lupa membawakannya susu, biskuit, hingga balsam dan minyak telon sebagai penghangat. Selain itu, saya juga membawakan boneka, majalah kesayangan, dan CD musik yang bisa diperdengarkan di mobil atau di gadget-nya.”
(Fransiska Gloria, 32, ibu dari Brigitta Nara Anindita, 2)

 

Atur Jam Keberangkatan
“Saya selalu mengatur jam keberangkatan supaya Si Kecil tidak rewel, yaitu setelah atau sebelum jam tidur siangnya. Dengan mengatur jam keberangkatan ini, ia tidak akan mengantuk dan bisa menikmati perjalanan. Untuk menghindari ia bosan, saya selalu mengajaknya berkomunikasi, seperti menjelaskan apa yang ia lihat dan temukan selama di perjalanan.”
(Deti Rostikasari, 26, ibu dari Muhammad Adzkhan Afrianto, 2 tahun 2 bulan)

 

Bernyanyi dan Bermain



“Ajak Si Kecil untuk bernyanyi dan berjoget mengikuti lagu-lagu yang diperdengarkan di awal perjalanan ketika mereka masih merasa segar. Ketika mereka mulai lelah, suapi dengan camilan yang mereka sukai. Ajak juga Si Kecil bermain dengan permainan yang mudah. Misalnya tebak warna, markah, atau gambar-gambar di billboard.”
(Delly Citra Utami, 27, ibu dari Ghiffari Riza Perdhana, 3, Caliefatha Galih Perdhana, 1 tahun 1 bulan)

 

Nikmati Pemandangan
“Jika Si Kecil rewel alihkan perhatiannya ke pemandangan di luar jendela. Dudukkan Si Kecil di dekat jendela, sehingga ia bisa menikmati perjalanan sekaligus melihat pemandangan yang jarang ia temui. Jika naik mobil, istirahatlah tiap 2 jam sekali untuk menyusui atau menghirup udara segar. Kenakan pula busana yang nyaman untuknya. Jangan sampai ia kedinginan atau kepanasan di perjalanan.”
(Eka, 25, ibu dari Afifah Ekawinata, 1)

 

(SA/Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: anak,   rewel,   tanya_jawab,   ibu,