Mother&Baby Indonesia
Nutrisi Kehamilan untuk Bayi Sehat

Nutrisi Kehamilan untuk Bayi Sehat

Saat hamil, sangat penting untuk menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janinnya. Hal tersebut diperlukan agar kesehatan Anda dan bayi yang lahir nantinya tetap terjaga. Untuk itu, Anda perlu menjalankan pola makan sehat, dengan mengikuti beberapa panduan berikut. 

 



1. Buah dan Sayur
Ketika Anda sedang hamil, sangat penting untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Selain  mengandung vitamin dan mineral yang meningkatkan kesehatan, buah dan sayur juga merupakan sumber serat terbaik yang membantu menyehatkan proses pencernaan dan dapat mencegah beberapa efek samping kehamilan. Namun, pastikan juga untuk mencuci sayuran dan buah dengan baik, untuk membersihkan kandungan berbahaya, seperti toksoplasma atau parasit yang dapat membahayakan janin Anda.

 

2. Karbohidrat
Jika berlebihan, karbohidrat memang memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Namun, kehadiran karbohidrat tetaplah penting untuk memberikan energi bagi Anda. Konsumsi roti, kentang, dan mie pasta dapat memenuhi kebutuhan energi dan menciptakan rasa kenyang yang lebih lama, tanpa tinggi kalori, serta atur porsi asupan nasi Anda agar tidak berlebihan. 

 



3. Protein
Protein adalah salah satu gizi yang perlu tercukupi saat kehamilan. Konsumsi protein setidaknya satu porsi sehari. Dapatkan sumber protein dari kacang-kacangan, susu, telur, ikan, daging unggas, dan daging tanpa lemak. Disarankan, wanita hamil mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu. Namun, hindari ikan laut mentah, seperti sushi. Begitu juga saat Anda mengonsumsi telur dan daging. Pastikan makanan yang Anda konsumsi dimasak dengan benar-benar matang.

 

4. Susu
Asupan kalsium selama kehamilan sangat penting untuk membantu membentuk tulang dan gigi Si Kecil yang kuat. Saat hamil, susu bisa diminum sebanyak 2-3 gelas sehari. Makanan olahan susu, seperti keju dan yoghurt, juga merupakan sumber kalsium yang besar. Namun, ada beberapa makanan olahan susu yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui makanan yang aman bagi Anda.

 

5. Lemak Baik
Walaupun Anda tidak ingin makan terlalu banyak makanan berlemak, tubuh tetap membutuhkan sejumlah lemak baik. Batasi konsumsi lemak jenuh dan pilih makanan yang kaya lemak tak jenuh, seperti ikan berlemak, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

 

6. Pilihan Camilan Terbaik
Ibu hamil akan lebih sering lapar. Namun, pilih camilan sehat untuk menunda rasa lapar Anda. Hindari camilan keripik, cokelat, dan biskuit yang berlebihan.

 

7. Suplemen Kehamilan
Saat hamil, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kehamilan untuk mencukupi segala kebutuhan nutrisi. Pilih multivitamin khusus untuk ibu hamil yang juga harus mengandung asam folat. Kebutuhan asam folat sehari-hari sangat penting bagi pembentukan otak janin. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: nutrisi,   kehamilan,   bayi,   ibu,