Mother&Baby Indonesia
Rahasia Hidup Bahagia

Rahasia Hidup Bahagia

Tidak ada satu pun ramuan atau obat-obatan yang dapat membuat Anda bahagia. Semua sesungguhnya tergantung pada kemampuan dan keinginan diri sendiri untuk menjadi bahagia. Anda pun harus menyadari bahwa setiap orang pasti memiliki permasalahan dalam hidupnya. Namun, jangan terlena pada kesulitan yang dihadapi, sehingga Anda melupakan begitu banyak hal baik dalam hidup ini. Berikut beberapa rahasia yang harus Anda ketahui agar selalu bahagia.

 



1. Cintai Diri Sendiri
Penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan, Amerika menyebutkan kepuasan terhadap diri sendiri merupakan kunci dari sebuah kebahagiaan. Berikan penghargaan terhadap apapun yang telah Anda lakukan, tentunya dalam konteks yang positif dan realistis. Jangan selalu melakukan perbandingan dengan orang lain, sebab itu hanya akan membuat Anda merasa semakin terbebani dan tidak berharga.

 

2. Optimis
Sikap optimis membuat seseorang mampu memandang kehidupan dengan lebih positif dan penuh kebahagiaan. Maka, berhentilah berkata ‘tidak bisa’ ketika dihadapkan pada suatu tantangan dan ‘tidak mampu’ saat masalah datang kepada Anda. Berbagai penelitian pun membuktikan bahwa seseorang yang optimis akan jauh lebih sehat daripada mereka yang pesimis. Seorang yang pesimis ketika mengalami suatu kejadian kurang menyenangkan akan dengan mudah terserang demam, sakit tenggorokan dan flu. Sementara, seorang yang optimis memiliki daya tahan tubuh yang baik dan bahkan, bisa lebih cepat pulih dari penyakit kanker atau  setelah operasi.



 

3. Terbuka
Paul Costa dan Robert McCrae peneliti dari National Institute of Aging mengatakan seseorang yang memiliki sifat terbuka biasanya lebih ceria dan memiliki semangat tinggi. Dua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menciptakan kebahagiaan dan meraih kepuasaan dalam hidup. Ia juga biasanya lebih percaya diri ketika berhadapan dengan lingkungan baru dan mampu membuat orang-orang di sekitar menerima keberadaannya dengan baik. Ia memiliki hubungan pertemanan yang sangat luas dan sangat aktif dalam berbagai aktivitas sosial. Hal itu membuat ia menerima banyak kasih sayang, yang menjadi dasar untuk dapat menikmati kehidupan.

 

4. Mengontrol Diri
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Angus Campbell dari University of Michigan menunjukkan, kemampuan yang baik dalam mengontrol diri membuat seseorang menjadi lebih positif dalam menjalani kehidupan. Ia pun akan sangat percaya bahwa apa yang terjadi di hidupnya adalah pilihannya sendiri. Hal itulah yang kemudian membuat ia selalu berusaha untuk mengendalikan keadaan dan bukan sebaliknya.

 

5. Berbagi
Berbagi dengan orang lain akan mengajarkan Anda untuk tidak hanya mementingkan diri sendiri dan cenderung merasa lebih bahagia. Sebab, saat fokus membantu orang lain, Anda jadi tidak memiliki banyak waktu untuk mengeluh. Dengan menjadi sukarelawan dan terjun langsung berbagi kebahagiaan dengan mereka, Anda pun akan merasa hidup memang berharga dan lebih bisa menghargainya.

 

6. Bersyukur
Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa jika Anda dapat bersyukur atas segala yang didapatkan dalam hidup ini, dari mulai keluarga, pekerjaan, persahabatan, kesehatan dan lainnya, maka hidup pun akan terasa lebih membahagiakan. Oleh karena itu, berhentilah mengeluh dan perbanyaklah bersyukur. Bersyukurlah untuk suami yang selalu setia mendampingi Anda, Si Kecil yang selalu sehat dan semakin pintar, teman-teman yang selalu membuat Anda tertawa, pekerjaan yang Anda cintai, kesempatan untuk menjalani liburan bersama keluarga dan sebagainya. (DC/Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: ibu,   info,   keluarga,   bahagia,