Mother&Baby Indonesia
Mona Ratuliu Biarkan Anak Main Kotor

Mona Ratuliu Biarkan Anak Main Kotor

Bagi Mona Ratuliu tanggung jawab mengenai kebersihan diri wajib dilakukan sejak dini. Ia pun mengajarkan kepada 3 anaknya, Davina Syafa Felisa, 11, Barata Rahadian Nezar, 5, dan Syanala Kania Salsabila, 2, untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, misalnya mencuci tangan sebelum makan atau setelah dari toilet, serta mandi 2 kali sehari.

 

“Anak-anak wajib menjaga kebersihan, tapi tetap aku biarkan main kotor, kok, di rumah. Aku perbolehkan mereka lari-lari di halaman tanpa alas kaki. Pokoknya kalau mereka sore pulang ke rumah, kakinya hitam-hitam dan berantakan sekali, deh. Cuma habis itu ya mereka langsung mandi,” ujar istri dari Indra Brasco tersebut.



 

Dalam acara peluncuran Project Sunlight dengan tema "Dukung Masa Depan Sehat oleh Unilever" di Soehana Hall, The Energy Building, Jakarta, pada Rabu (12/11) kemarin, wanita berusia 32 tahun itu mengeluh masih banyak menemukan sanitasi buruk di tempat umum di Jakarta. Hal tersebut menjadi kendala bagi ia dan anak-anaknya yang sudah terbangun kesadarannya mengenai hidup bersih.

 



Ia menjelaskan, “Mereka yang sudah terbiasa dengan hidup bersih lalu bertemu dengan keadaan seperti itu, jadi tidak mau ke toilet. Mereka merasa tidak nyaman buang air di tempat yang tidak bersih. Jadi ya, mau bagaimana. Padahal menahan buang air kan bisa menimbulkan penyakit.” Ia pun berharap agar ke depannya sanitasi di Indonesia, khususnya di Jakarta, akan semakin baik.

 

“Sebenarnya ada banyak cara untuk menjaga agar lingkungan Jakarta tetap bersih kalau kita sebagai masyarakat mau merawatnya. Tapi memang harus ada support dari berbagai pihak untuk menghadirkan sanitasi yang bersih,” tutupnya. (Sagar/DT/dok. M&B)



Tags: mona_ratuliu










Cover April 2020