Mother&Baby Indonesia
Wanita Lebih Panjang Umur Dari Pria

Wanita Lebih Panjang Umur Dari Pria

Tahukah Anda kalau wanita hidup lebih lama daripada pria? Ya, berdasarkan penelitian, wanita memiliki usia 5 tahun lebih panjang dari pria lho, Moms. Dilansir melalui Health, Marianne Legato, MD, pendiri Foundation for Gender-Spesific Medicine, menjelaskan 5 alasan mengapa ini bisa terjadi.

 



Lebih Kuat di Dalam Rahim
Dr. Legato menyebutkan dua setengah dari pria saat di kandungan adalah wanita. Namun karena perubahan yang terjadi di dalam rahim, janin pun menjadi berjenis kelamin pria. “Janin laki-laki lebih lambat mengalami perkembangan fisik dibandingkan bayi perempuan, karenanya bayi prematur laki-laki lebih sering tidak mampu bertahan dan meninggal akibat paru-paru atau otaknya yang belum berkembang."

 

Lebih Hati-hati
Penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan cedera yang tidak disengaja adalah penyebab ketiga kematian pada pria, sedangkan masalah ini menduduki posisi nomor 6 pada wanita. Dalam ilmu biologi memang disebutkan area mengenai bagaimana tanggung jawab dalam suatu masalah dan kalkulasi risiko yang diambil dalam otak lebih cepat berkembang pada wanita dibandingkan pria. Itulah sebabnya kaum hawa lebih berani mengambil risiko.



 

Lebih Lambat Terkena Penyakit Jantung
Masalah jantung mampu membunuh semua orang, baik wanita maupun pria. Kendati demikian, pria cenderung lebih mudah mengalaminya dan meninggal di usia 30-40 tahun. Bagi wanita, penyakit jantung justru dialami 10 tahun setelahnya, yaitu setelah menopause, sebab mereka memiliki estrogen yang membantu pembuluh darah lebih kuat dan fleksibel.

 

Memiliki Hubungan Sosial yang Lebih Kuat
Teman-teman adalah obat yang manjur. Ya, studi dari Brigham Young University, AS, pada 2010 menyebutkan dengan memiliki jalinan pertemanan yang kuat dapat mengurangi risiko kematian sekitar 50 persen. Dr. Legato menuturkan hampir seluruh pria memendam rasa stres dan kecemasannya sendirian. Sementara, wanita tidak sungkan untuk membagi perasaannya kepada teman-temannya. Namun, ada pengecualian jika pria tersebut sudah menikah. Mereka dinilai hidup lebih sehat dan berusia lebih panjang.

 

Lebih Perhatian Terhadap Kesehatan
Data dari Kaiser Family Foundation menunjukkan pria 24 persen lebih sedikit berkunjung ke dokter daripada wanita dalam setahun serta 22 persen lebih sering melewatkan cek kolesterol. Dan faktanya, 1 dari 5 pria tidak memiliki asuransi kesehatan pada 2012. Mungkin ini disebabkan para pria cenderung tidak mengacuhkan rasa sakit yang ada dan malas pergi ke dokter. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)
 



Tags: wanita,   pria,   kesehatan