Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Bercinta saat Sakit?

Bolehkah Bercinta saat Sakit?

Saat mengalami flu dan demam, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup. Rasa tidak nyaman dirasakan pada tubuh, mood juga cenderung menurun, begitu juga dengan hasrat seks Anda. Sebagian orang juga beranggapan bahwa mereka takut menularkan penyakitnya kepada pasangan.

 

Menurut Ann C. Palmenberg, Ph.D., seorang profesor biokimia di University of Wisconsin Madison, sebuah virus flu memang tidak dapat ditularkan melalui penetrasi saat bercinta. Namun, virus-virus penyakit sangat mungkin ditularkan antar pasangan melalui belaian dan ciuman. Bakteri-bakteri tersebut dapat bertukar antar mulut dan udara yang berdekatan.



 

“Meskipun Anda membersihkan diri secara total sebelum bercinta, terutama tangan sebagai sumber penyebaran bakteri, hal tersebut tetap tidak akan membantu mengurangi risiko penularan penyakit,” tambahnya.

 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Clinical Infectious Diseases, para peneliti menemukan bahwa rajin mencuci tangan, bahkan setiap 3 jam selama 9 minggu, masih tidak bisa melindungi seseorang dari virus flu. Itu sebabnya mengapa seseorang dapat jatuh sakit hanya karena  dekat dengan sumber virus batuk atau bersin, yang bisa menular melalui udara. Apalagi bila terlibat kegiatan bercinta yang lebih intim.



 

Selain penyebaran penyakit melalui udara dan kontak fisik, mood yang buruk saat sakit juga diduga akan menurunkan kualitas seks Anda. Aktivitas seks pun menjadi tidak menyenangkan. Jadi, jika salah satu dari Anda atau suami sedang sakit, harap sedikit bersabar ya, Moms!

 

Beberapa cara yang bisa menekan penularan virus wabah penyakit di sekitar Anda adalah dengan memakai masker dan meningkatkan sistem imun dengan makanan sehat. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: seks,   kesehatan,   ibu,   ayah,   keluarga,  








Cover Maret 2020