Mother&Baby Indonesia
Ekspresi Bayi Mengempeng

Ekspresi Bayi Mengempeng

Pernahkah Anda kesulitan mengenali ekspresi bayi Anda yang sedang mengempeng? Berdasarkan studi terbaru, para ibu dinilai agak sulit melihat senyuman bayinya di balik empeng sehingga jadi jarang membalas tersenyum. Begitupun saat ia bersedih, Sang Ibu tidak terlalu memerhatikan kesedihan Si Kecil ketimbang saat ia tidak sedang mengempeng.

 

Menurut para ahli dari University of Wisconsin-Madison, AS, hasil studi ini sangat penting untuk dipertimbangkan oleh orangtua karena ekspresi timbal balik dari orangtua kepada bayi akan meningkatkan pemahaman secara emosional serta mengembangkan mental bayi. Dan menggunakan empeng untuk menenangkan bayi yang menangis dapat memengaruhi proses bonding antara orangtua dan bayi.



 

Dilansir melalui Dailymail, dalam penelitian, Magdalena Rychlowska bersama koleganya menggunakan elektroda untuk melacak otot-otot wajah 29 wanita yang sedang menatap foto dua bayi dengan berbagai ekspresi, yaitu ekspresi senang, sedih, marah, dan netral. Partisipan juga diminta mengukur intensitas emosi dari foto-foto ke-2 bayi tersebut.



 

Pada foto bayi yang tersenyum sambil mengempeng, intensitas wanita untuk ikut tersenyum mengalami penurunan. Lain halnya saat melihat foto bayi tersenyum tanpa empeng, secara refleks mereka jadi ikut tersenyum pula. Para ahli pun menyimpulkan bahwa orang dewasa menganggap berinteraksi dengan bayi yang sedang mengempeng kurang menstimulasi dan kurang nyaman. (Sagar/DT/Dok. Dailymail UK)
 



Tags: bayi,   ekspresi,   orangtua,   ibu,   empeng,   tersenyum,   menangis








Related Article