Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 3 Oktober 2014 / Redaksi

Mengenal Kontraksi

Tak semua ibu hamil tahu persis apa itu kontraksi. Itu sebabnya, sebagian besar ibu hamil sering salah mendeteksi apakah ia mengalami kontraksi atau bukan. Kontraksi sendiri adalah salah satu bentuk ketidaknyamanan yang dirasakan ibu hamil seiring dengan membesarnya rahim, yakni perasaan mulas akibat peregangan otot-otot pada dinding rahim. Jika sudah mendekati persalinan, otot-otot rahim secara teratur akan meregang lalu kembali mengendur dalam keadaan relaks.

 

Saat kontraksi, perut bagian bawah akan terasa mengeras, yang kadang disertai rasa nyeri, namun ada kalanya tidak. Ketika rahim dalam keadaan tenang usai kontraksi, saat itulah serviks atau mulut rahim terbuka sedikit demi sedikit yang memungkinkan posisi bayi terdorong menuju jalan lahir. Dengan kata lain kontraksi diperlukan guna membantu terbukanya jalan lahir. Kontraksi atau yang sering disebut Power menjadi 1 dari 3 faktor penentu sekaligus ciri utama dimulainya proses persalinan.



 



Untuk lebih mengenal kontraksi, lihat jenis-jenis dan perbedaan masing-masing kontraksi di majalah Mother&Baby Indonesia edisi Oktober 2014! (TP/Aulia/DT/dok.M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Masalah yang Timbul Setelah Persalinan Caesar

Persiapan Menuju Persalinan

Kehidupan Seks Pasca Persalinan

OTHER ARTICLES

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bayi Anda

5 Gaya Hidup Sehat yang Semakin Dilupakan Orang-Orang

Saat Penghasilan Istri Lebih Besar Ketimbang Suami

Saat Bayi Anda Menyusu Tiada Henti, Mesti Bagaimana?

Kram Kaki saat Hamil? Ini Tips untuk Mengatasinya