Mother&Baby Indonesia

'Mood Swing' Saat Hamil

Tanya

“Sejak hamil, mood saya mudah sekali berubah-ubah. Kadang bisa sangat senang sekali, tetapi juga bisa kesal, marah dan sedih tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Bagaimana cara untuk mengatasinya?”. (Diana, 27, hamil 16 minggu)

 



Jawab

Me Time
“Waktu hamil saya juga mengalami mood yang naik-turun. Kalau mood saya sedang berada di level terbawah, hal sekecil apa pun dapat membuat saya emosi. Kalau sudah begitu, biasanya saya langsung melakukan me time, seperti seharian menikmati perawatan di salon & spa, nonton bioskop, belanja, atau aktivitas-aktivitas menyenangkan yang lainnya. Setelah itu, mood saya  pasti kembali ke level atas alias senang lagi.”
(Wiwi Widiawati, 22, ibu dari Nirbita Ramadhani Afriyanto, 21 bulan)

 

'Ngemil' Makanan Favorit
“Saya rasa hampir semua wanita hamil mengalami mood yang berubah-ubah. Karena itu, setiap wanita harus mencari tahu cara memperbaiki mood yang sedang buruk. Ketika hamil dulu, setiap kali mood saya berubah tidak jelas, saya langsung ngemil makanan kesukaan sambil mendengarkan dan menyanyikan lagu yang saya sukai. Mood saya pun kembali baik."
(Egah, 27, ibu dari Arsa Egri Susanto, 11 bulan)

 

Dukungan Keluarga
“Pada trimester pertama kehamilan saya dulu, mood saya mudah sekali berubah-ubah. Mood paling buruk akan datang saat saya merasa bosan terhadap sesuatu yang sebenarnya saya sendiri tidak tahu. Saat seperti itu, biasanya saya menelepon orangtua, mertua, atau suami untuk sekadar curhat tentang perasaan saya. Dukungan dan nasihat dari mereka selalu ampuh untuk membuat mood saya baik lagi.”
(Ratih Wulandari, 26, ibu dari Sarah Ashilla Naima, 22 bulan)



 

Melakukan Relaksasi
“Kalau mood sudah mulai menunjukkan tanda-tanda akan turun, saya biasanya langsung melakukan gerakan relaksasi sederhana, yaitu mengatur napas sambil memejamkan mata. Supaya lebih terasa khasiatnya, biasanya saya melakukan relaksasi tersebut sambil memutar CD musik alam. Setelah itu rasanya pikiran dan tubuh saya menjadi segar lagi. Saya pun siap melanjutkan aktivitas yang harus dilakukan.”
(Ida Pelita Sari, 35, ibu dari Fitri, 3)

 

Menyendiri Sejenak
“Saat ini saya sedang mengandung anak kedua dan saya bersyukur sekali karena saya jauh lebih bisa menjaga mood dibandingkan pada kehamilan pertama. Sebab, saya sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika mood terasa akan turun, yaitu menyendiri sejenak. Saat menyendiri, saya mencoba menyemangati diri sendiri dan mengingatkan bahwa mood buruk dapat memengaruhi kondisi bayi dalam perut. Biasanya, tidak lama kemudian mood saya pasti sudah baik lagi.”
(Susan, 30, ibu dari Aldyllen Joel, 2)

 

(DC/Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: mood,   kehamilan,   kesehatan,   ibu,