Mother&Baby Indonesia
Cara Mengatasi Kelelahan

Cara Mengatasi Kelelahan

Bekerja hampir seharian penuh, menghadapi kemacetan selama di perjalanan, dan terkadang masih harus menghadapi kerewelan Si Kecil, tentu bisa membuat tubuh kelelahan. Jika kondisi Anda sudah seperti itu, jangan dibiarkan dan segera lakukan sesuatu untuk mengusirnya ya, Moms! Dilansir melalui Dailymail, berikut beberapa hal yang bisa mengobati kelelahan Anda.

 

1. Tidur cukup dapat menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan rasa lelah. Untuk mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari, kurangi  konsumsi kafein di siang hari. Selain itu, sediakan waktu sekitar 30 menit berbaring di tempat tidur sebelum tidur sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Jangan lupa matikan televisi, komputer, dan ponsel 1 jam sebelum tidur sebab cahaya dari alat elektronik dapat menstimulasi otak sehingga membuat Anda sulit tidur.
2. Minum teh chamomile dapat membantu merelaksasikan saraf dan otot. Kandungan glisin di dalamnya bersifat menenangkan dan mengurangi rasa cemas.
3. Mandi dengan air hangat sebelum tidur juga dinilai dapat menghilangkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas.
4. Olahraga merupakan salah satu cara untuk melepaskan endorfin di dalam tubuh Anda serta menangkal rasa lelah. Jika malas berolahraga, Anda dapat menggantinya dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari. Kegiatan berjalan kaki juga efektif untuk mengobati depresi ringan.
5. Bernapaslah dengan baik dan benar untuk memaksimalkan energi dan melepaskan stres dan lelah. Studi menunjukkan cara bernapas yang salah dapat berdampak pada variabilitas detak jantung dan akan memperparah kondisi penderita asma, stres, tekanan darah, dan jantung. Caranya yaitu, rentang tarikan napas harus lebih sebentar dibandingkan saat mengeluarkan napas. Idealnya adalah 4 detik menarik napas lalu keluarkan selama 7 detik. Berlatihlah sekitar 5 menit dalam sehari saat sebelum tidur atau sedang bersantai. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)







Tags: kelelahan,   olahraga,   tidur,   kesehatan








Cover Januari - Februari 2020