Mother&Baby Indonesia
Tips Tetap Harmonis dalam Pernikahan

Tips Tetap Harmonis dalam Pernikahan

Setiap orang menginginkan pernikahan yang harmonis sepanjang hidupnya. Namun, kenyataannya banyak pasangan yang mengalami kegagalan karena berbagai faktor. Sayanganya sebagai kaum pria yang mudah 'lupa', masalah rumah tangga ini seringkali datang dari diri Anda. Untuk itu, dalam menjalani pernikahan Anda juga perlu memerhatikan beberapa hal berikut agar hubungan Anda dan pasangan lebih harmonis.

 

1. Buat Prioritas Utama
Menurut Harville Hendrix, Ph.D., salah satu penulis Making Marriage Simple, pria perlu menentukan prioritasnya dalam berkeluarga. Hubungan pernikahan harus dijadikan list nomor satu, setelah anak-anak dan pekerjaan. “Saat Anda menjunjung tinggi janji pernikahan Anda jadi yang nomor satu, otomatis kehidupan anak-anak Anda pun akan lebih baik, dan dengan keluarga yang harmonis pula, Anda akan menjadi lebih produktif di tempat kerja,” ungkap Harville, seperti dikutip dari sumber Men's Health AS.



 

2. Saling Terbuka
Kejujuran adalah hal yang dibutuhkan bagi pasangan mana pun. Bersikap terbuka dan lebih jujur dengan pasangan dalam diskusi juga dapat menghangatkan hubungan Anda berdua, terlebih yang sudah menginjak usia pernikahan yang lebih lama. Bicarakan apa yang Anda mau, dan juga berusaha mengerti apa yang diinginkan istri dan anak-anak.

 

3. Kegiatan Khusus Bersama Pasangan
Beberapa pasangan biasanya memiliki kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama. Jangan lupakan itu! Bonding bersama pasangan, dengan sekadar menyediakan waktu luang untuk makan berdua seperti saat pacaran juga dapat membantu mencairkan hubungan Anda. Lakukan permainan yang sudah lama tidak dilakukan bersama, juga akan terlihat lebih menarik dan dapat membangkitkan emosi positif Anda berdua. Begitu juga dengan hubungan seksual yang menyenangkan. 

 

4. Jangan Membandingkan
Beberapa orang sering membandingkan pasangannya dengan pasangan orang lain. Ketahuilah, setiap orang berbeda. Ketika Anda memutuskan untuk menikahi pasangan Anda, artinya Anda sudah menerima dirinya, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Membandingkan hubungan Anda dan pasangan dengan kehidupan orang lain hanya membuat hidup Anda tak tenang.



 

5. Ingat Alasan Anda Menikah
Apa yang Anda suka saat pertama kali bertemu dengan istri Anda? Bangkitkan kembali kenangan Anda yang lama, dan lakukan kegiatan yang mengingatkan Anda berdua dengan suasana romantis saat pertama kali berpacaran.

 

6. Apa Adanya
Sebagai pria, Anda juga perlu bersikap lebih toleran dan apa adanya, serta lebih bisa menerima pasangan. Setiap pria memang memiliki harapan yang inginkan dari pasangannya, tetapi alangkah baiknya Anda berpikir lebih realistis dan dewasa, serta mengurangi emosi Anda, karena kepribadian seseorang tidak bisa dipaksakan. Ingat janji Anda untuk mencintai istri segenap hati dan menerima dirinya apa adanya. Kehidupan akan lebih bahagia bila Anda berdua menjadi diri sendiri.

 

7. Beri Pujian
Sesungguhnya, setiap manusia senang dengan pujian, terutama wanita. Memuji istri juga adalah salah satu cara bagaimana Anda bersyukur atas apa yang dimiliki. Dengan saling memuji, Anda berdua akan merasa dihargai dan diakui. Jadi, jangan lupakan pujian untuk masakan atau penampilan istri Anda hari ini! Bahkan, pujian juga bisa diberikan saat pasangan melewati masa sulit sekalipun, agar motivasinya dapat terbangun. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: tips,   ayah,   pernikahan,  








Cover Maret 2020