Mother&Baby Indonesia
Ukuran Jari Menandakan Ukuran Testikel Pria!

Ukuran Jari Menandakan Ukuran Testikel Pria!

Apakah Anda pernah memikirkan tentang ukuran jari tangan Anda? Ada sebuah fakta menarik yang perlu Anda ketahui, Moms! Ternyata ukuran jari telunjuk dan jari manis dapat menjadi indikator ukuran testikel seorang pria, lho. Studi ini dikeluarkan oleh para ilmuwan dari Department of Urology Gachon University Gil Hospital dan Seoul National University Hospital, Korea Selatan.

 

Dilansir melalui Dailymail, mereka menemukan bahwa pria dewasa dengan tangan kanan yang jari manisnya lebih panjang daripada jari telunjuknya memiliki testikel yang lebih besar. Sedangkan bagi pria dengan tangan kanan yang jari telunjuknya lebih panjang dibandingkan jari manis, memiliki testikel yang lebih kecil.



 

Pada penelitian sebelumnya memang sudah disebutkan bahwa rasio kedua dan keempat dikorelasikan dengan sistem reproduksi pria. Ini didasari pada penemuan kalau gen Hox, gen yang memengaruhi bentuk tubuh seseorang, mengontrol perkembangan jari dan genital selama masa pembentukan embrio.



 

Studi ini menyertakan 172 pria Korea berusia 20-69 tahun yang pernah dirawat untuk melakukan operasi urologi. Pertama, para ilmuwan mengukur panjang rasio ke-2 dan ke-4 jari dari setiap pria. Lalu, secara terpisah, ahli urologi juga mengukur ukuran testis mereka. Hasilnya menunjukkan, jari manis yang lebih panjang berkolerasi dengan testikel yang lebih besar pula, begitupun sebaliknya. Selain itu, para ilmuwan juga menjelaskan usia dan tinggi badan tidak berpengaruh banyak pada volume testis, sementara berat badan memiliki kolerasi yang tipis terhadap besarnya testikel. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: pria,   testis,   jari










Cover April 2020