Mother&Baby Indonesia
Penglihatan Bayi 0-3 Bulan

Penglihatan Bayi 0-3 Bulan

Sejak awal kelahiran, mata, mental, dan emosi bayi akan berkembang dengan cara menerima informasi di sekitarnya secara sedikit demi sedikit. Tidak seperti indra pendengaran yang perkembangannya sudah cukup sempurna di 1 bulan pertama, penglihatan Si Kecil akan berkembang secara bertahap dan dapat melihat dengan lebih baik di usia 6-8 bulan.

 

Saat Si Kecil lahir ia memang sudah bisa melihat. Meski begitu otaknya belum siap untuk memproses segala informasi visual yang ditangkap oleh matanya, sehingga bagi Si Kecil semua itu hanya samar-samar. Ia hanya dapat fokus pada objek berjarak 20-30 cm saja, misalnya wajah orang yang menggendongnya. Ia mampu mendeteksi cahaya, bentuk, dan pergerakan, namun pandangannya masih sangat kabur.



 

Di usia 1-2 bulan, bayi masih belum mengerti cara memfokuskan pandangan matanya, jadi Anda akan melihat bola matanya sering bergerak kesana-kemari. Selain itu, walau bayi sudah mengenal warna sejak lahir, ia masih kesulitan untuk membedakan warna yang mirip, misalnya merah dan oranye. Karenanya ia akan lebih tertarik melihat warna dengan kontras yang sangat berbeda, seperti hitam dan putih.

 



Dilansir melalui Babycenter, seiring waktu Si Kecil pun akan lebih baik memfokuskan matanya dan gemar menatap objek yang bergerak. Ia mulai senang mengamati pergerakan kepala orang yang menggendongnya, misalnya mendekatkan lalu menjauhkan kepala serta menggerakkan kepala ke kanan ke kiri di hadapannya.

 

Di usia 3 bulan, otaknya mulai mempelajari jenis-jenis warna. Ia akan tertarik saat ditunjukkan objek berwarna primer yang cerah dengan desain yang lebih rinci dan rumit. Anda dapat membantu perkembangan penglihatannya dengan menunjukkannya berbagai jenis gambar, foto, buku, dan mainan. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   milestone,   mata,   penglihatan