Mother&Baby Indonesia
6 Teknik Pijat Bayi

6 Teknik Pijat Bayi

1. Pijatan Wajah

Pijatan wajah terdiri dari 5 gerakan utama, yaitu: gerakan caress love (sentuhan cinta), relax (pijatan daerah alis), circle down (pijatan memutar membentuk lingkaran), smile (senyuman), dan cute (pijatan daerah belakang telinga).


2. Pijatan Dada

Pijatan dada terdiri dari 2 gerakan utama, yaitu: gerakan butterfly (pijatan kupu-kupu) dan cross (pijatan menyilang).


3. Pijatan Perut

Pijatan perut membantu dalam pengosongan lambung bayi, sehingga proses pencernaan berlangsung lebih lancar.  Pijatan ini terdiri dari 5 gerakan utama, yaitu: gerakan mengayuh, bulan matahari (searah jarum jam), I love you, walking fingers (pijatan jari-jari berjalan), dan relax (gerakan rileksasi).

 


4. Pijatan Tangan

Pijatan tangan terdiri dari 7 gerakan utama, yaitu: gerakan milking (memerah), rolling (pijatan menggulung), squeezing (pijatan memeras), thumb after thumb (pijatan telapak dan punggung tangan), spiral (pijatan memutar pada telapak dan punggung tangan), finger shake (pijatan pada jari), serta relax (gerakan rileksasi tangan, dan diagonal tangan-kaki).


5. Pijatan Kaki

Pijatan kaki terdiri dari 7 gerakan utama, sama seperti pijatan tangan.


6. Pijatan Punggung

Pijatan punggung terdiri dari 5 gerakan utama, yaitu: gerakan go back-forward (pijatan maju mundur), slip (pijatan meluncur), mengayuh, spiral (pijatan melingkar), dan menggaruk.


Pijat adalah cara yang baik untuk menenangkan bayi. Kegiatan ini juga merupakan cara yang menyenangkan untuk mempererat bonding dengan bayi Anda. Stimulasi pijat dapat dilakukan pada bayi sehat, bayi cukup bulan, bayi prematur, atau bayi dengan berat lahir rendah.

 



 



Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bekerja sama dengan Johnson&Johnson meluncurkan 6 teknik stimulasi pijat bayi yang terangkum dalam sebuah modul pada seminar dan pelatihan bertema "Stimulasi Pijat: Optimalisasi Tumbuh-Kembang" di Jakarta pada Minggu (12/1) lalu. Untuk bayi cukup bulan dan batita, pemijatan dilakukan di area wajah, dada, perut, tangan, kaki, dan punggung selama sekitar 15 menit. Gerakan boleh dilakukan tidak berurutan dan dapat dihentikan sebelum semua rangkaian gerakan selesai jika Si Bayi tidak menghendaki. Setiap gerakan dilakukan sebanyak 6 kali. Berikut 6 rangkaian teknik pijat yang dapat Anda terapkan untuk Si Kecil. (Dian/Dok. M&B)

 



Tags: pijat bayi,   6 teknik pijat bayi,   teknik pijat bayi,   stimulasi pijat










Cover April 2020