Mother&Baby Indonesia
Jika Pusar Bayi Menonjol

Jika Pusar Bayi Menonjol

Sekitar 20 persen bayi yang baru lahir memiliki pusar yang menonjol. Kondisi ini biasa disebut dengan umbilical hernia. Tonjolan ini disebabkan oleh tali pusat yang memasuki perut bayi. Setelah dilahirkan dan tali pusat sudah lepas, bagian bekas tali pusat yang menempel akan tertutup secara spontan. Terkadang, bagian tersebut tidak langsung tertutup dan pusar bayi akan terlihat menonjol, apalagi bila sedang terjadi peningkatan tekanan pada perut bayi, seperti saat ia buang air besar atau menangis.

 

Walaupun terlihat janggal, namun hal ini wajar terjadi, selama bayi merasa nyaman dan pada area pusarnya tidak lunak atau terlihat sangat bengkak. Selama tonjolan pada pusarnya terasa lembut dan padat, tidak menjadi masalah. Hernia biasanya akan hilang dengan sendirinya saat bayi menginjak usia 12-16 bulan. Operasi untuk menutup lubang tempat bekas tali pusat menempel pun tidak terlalu diperlukan.






Kendati demikian, dilansir melalui Babycentre, bila Anda menemukan pusar bayi membengkak, terasa lunak, atau terjadi perubahan warna di sekitarnya, segera konsultasikan masalah ini ke dokter. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, bagian dari usus bayi dapat terjepit pada bagian bekas tali pusat yang menempel dan dapat memotong aliran darah yang melewati daerah tersebut, sehingga membutuhkan operasi sesegera mungkin. Bayi bisa jadi terkena gangguan kesehatan, apalagi bila disertai gejala  muntah-muntah dan sembelit. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: pusar bayi,   pusar bayi menonjol,   umbilical hernia