Mother&Baby Indonesia
Manfaat Tengkurap untuk Bayi

Manfaat Tengkurap untuk Bayi

Tengkurap merupakan salah satu proses perkembangan Si Kecil. Gerakan ini dapat melatih pergerakan otot-otot yang akan memengaruhi fungsi tubuhnya. Beberapa ahli bahkan menyarankan para orangtua untuk melatih bayi-bayi mereka tengkurap. Berikut beberapa manfaat tengkurap bagi bayi:

 

1.  Bayi yang sering berlatih tengkurap biasanya memiliki kemampuan motorik yang lebih cepat.
2.  Dengan posisi tengkurap, fungsi tubuh bagian atas dan bawah bayi Anda akan maksimal. Ia juga  akan belajar mengoordinasikan gerak tubuhnya, sehingga mampu menggunakan telapak tangannya ketika bertumpu. 
3.  Tengkurap juga dapat memberikan kesempatan pada tubuh bagian belakang Si Kecil untuk beristirahat, seperti daerah punggung dan pantat. Keseeimbangan fungsi tubuh depan dan belakang sangatlah penting guna mengurangi rasa nyeri dan pegal pada 1 bagian tertentu. 
4.  Posisi tengkurap dapat mengurangi tekanan pada bagian kepala Si Kecil, sehingga mencegah kepala menjadi peang (flat head).
5.  Tengkurap dapat membuat otot-otot leher Si Kecil menjadi lebih kuat. Hal ini berguna untuk mempersiapkan bayi melalui tahap merangkak.
6.  Tengkurap dapat mempercepat kemampuan bayi untuk mengangkat pantat, berguling, hingga duduk. (Aulia/DMO/Dok. M&B)







Tags: manfaat tengkurap untuk bayi,   tengkurap