Mother&Baby Indonesia
Manfaat Menggendong Bayi

Manfaat Menggendong Bayi

Sebagai ibu, menggendong bayi akan menjadi ritual penting. Bila ditelusuri, menggendong bayi ternyata juga membawa banyak manfaat, salah satunya adalah kesempatan bonding dengan Si Kecil. Berikut beberapa manfaat menggendong bagi Anda dan Si Kecil.

 

1.  Saat menggendong, tanpa disadari Anda dan Si Kecil telah melakukan kontak skin to skin yang dapat menjaga kehangatan antara Anda dan bayi.



 

2.  Dekapan dan sentuhan saat Anda menggendongnya dapat meningkatkan bonding Anda dengannya. Menggendong juga merupakan kesempatan baik untuk mengakrabkan diri dengan mengenal bau dan suaranya.

 

3.  Mendekap bayi di dekat dada Anda saat menggendong juga akan membantu mengatur detak jantungnya. Dilansir dari Family Education, suara detak jantung Anda bisa membantu menenangkan Si Bayi.

 

4.  Menggendong bayi dapat meningkatkan aliran oksitosin antara ibu dan bayi. Hal ini juga terjadi saat Anda menyusuinya sambil menggendong.



 

5.  Konon, bayi yang digendong setidaknya selama 3 jam per hari cenderung lebih jarang menangis pada siang atau malam hari. Bayi juga cenderung merasa lebih aman saat digendong.

 

6.  Menggendongnya juga dapat membawa manfaat bagi Anda untuk berolahraga. Bawa ia berjalan-jalan dalam gendongan kain Anda. Anda dapat menikmati sensasi berjalan-jalan sambil mengangkat beban. Cara ini juga bisa membantu bayi dalam kondisi lelah tertidur.

 

7.  Gendongan juga memudahkan percakapan Anda dan Si Kecil, serta memungkinkan Anda untuk mengamati reaksi Si Kecil terhadap sekelilingnya. Ketika dalam gendongan, bayi Anda juga akan merasa menjadi bagian dari hidup Anda. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: manfaat menggendong bayi,   anak