Mother&Baby Indonesia
Tip Menggendong Bayi

Tip Menggendong Bayi

Begitu bayi Anda lahir, menggendong merupakan aktivitas yang akan lebih sering Anda lakukan. Menggendong juga disebut sebagai salah satu cara untuk membina hubungan batin Anda dengan Si Kecil. Jika Anda belum pernah menggendong newborn sebelumnya, tentu Anda akan grogi. Namun, rasa sayang dari lubuk hati terdalam perlu diciptakan agar muncul 'kebutuhan' untuk menggendongnya, sehingga Anda pun bisa melakukannya secara alami. Berikut beberapa tip menggendong bayi yang perlu Anda ketahui.

 

1.  Saat akan menggendongnya, ajaklah ia berbicara. Selain membuat hatinya tenang, ia akan tahu bahwa Anda ada di sampingnya, sehingga ia tidak kaget saat Anda mengangkat tubuhnya.



 

2.  Sisipkan salah satu tangan Anda di antara kepala dan lehernya. Anda bisa melakukannya dari arah bawah tubuhnya atau dari arah samping tubuhnya. Anda harus mengangkat sedikit kakinya bila akan melakukannya dari bawah, atau menggulingkan sedikit tubuhnya untuk selanjutnya meletakkan tangan Anda di bawah kepala dan lehernya.

 

3.  Saat menggendong, dekapkan bayi pada dada Anda. Posisikan 1 tangan Anda di belakang punggungnya, dan 1 tangan Anda lagi di bawah bokongnya.

 

4.  Karena otot lehernya masih lemah, sangga lehernya dengan siku atau lengan Anda. Selama Anda menopang kepala Si Kecil, yakinlah bahwa ia akan tetap aman.

 



5.  Saat gelisah, kaki dan tangan bayi yang tiba-tiba bergerak sering kali menyulitkan Anda saat menggendong. Bungkuslah tubuhnya bagian tangan hingga kaki dengan selimut atau kain agar terasa lebih aman saat menggendongnya.

 

6.  Saat menggendong, posisikan bayi di dekat detak jantung Anda agar ia dapat mendengar detak jantung Anda. Kondisi ini akan menenangkan dan mengingatkannya saat berada di dalam rahim Anda.

 

7.  Cobalah beberapa posisi menggendong lainnya untuk menemukan posisi yang pas. Tatap wajahnya dan ajak ia bicara saat menggendongnya juga dapat meningkatkan bonding Anda dan Si Kecil. (Aulia/DMO/Dok. M&B)

 

BACA JUGA: Trik Menggendong Newborn



Tags: tip menggendong bayi,   trik menggendong newborn








Cover Maret 2020